The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peranan kelompok sebaya dalam aktivitas pembelajaran pada Siswa SMP Negeri 9 Palembang

Text

Peranan kelompok sebaya dalam aktivitas pembelajaran pada Siswa SMP Negeri 9 Palembang

Sucie Ekawaty Z - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini berjudul “Peranan Kelompok Sebaya Dalam Aktivitas
Pembelajaran Pada Siswi SMP Negeri 9 Palembang”. Permasalahan yang
diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana proses terbentuknya kelompok
sebaya pada siswi SMP Negeri 9 Palembang dan bagaimana peranan kelompok
sebaya dalam aktivitas pembelajaran pada siswi SMP Negeri 9 Palembang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan unit
analisis siswi SMP Negeri 9 Palembang dengan rentang umur dua belas sampai
lima belas tahun yang mempunyai kelompok sebaya. Pengumpulan data diperoleh
melalui wawancara mendalam pada 12 informan serta dengan melakukan
observasi secara langsung dan dokumentasi. Data dianalisis dengan melalui tiga
tahap, yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap verifikasi atau
kesimpulan. Berdasarkan data dan hasil temuan yang diperoleh di lapangan,
penelitian ini menggambarkan bahwa proses terbentuknya kelompok sebaya pada
siswi SMP Negeri 9 Palembang adalah dengan interaksi sosial antara anak dengan
teman-teman kelompok sebayannya. Bentuk interaksi sosial tersebut adalah
interaksi yang terus menerus dilakukan sehingga mereka sangat mudah untuk
saling mempengaruhi, menciptakan lingkaran sosial, dan membentuk kedekatan
sehingga mereka saling tergantung satu sama lain. Dimana sesuai dengan gagasan
George Simmel mengenai tipe dan bentuk interaksi sosial yang disebut “Geometri
Sosial” yaitu jumlah, ukuran kelompok, dan jarak. Selain itu peranan kelompok
sebaya dalam aktivitas pembelajaran pada siswi SMP Negeri 9 Palembang yaitu
menjadi penyemangat untuk saling men-support semangat belajar, mempengaruhi
keseriusan belajar, penyemangat bersekolah, dan bisa juga menjadi pengaruh
negatif dalam belajar, serta dapat mempengaruhi prestasi dalam pendidikan.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
305.207 Suc p 2013
Publisher
Inderalaya : Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik., 2013
Collation
xiv, 88 hlm. : ilus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
305.207
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Peranan
kelompok sosial pelajar
Kelompok Sebaya
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search