Text
Peranan kelompok sebaya dalam aktivitas pembelajaran pada Siswa SMP Negeri 9 Palembang
Penelitian ini berjudul “Peranan Kelompok Sebaya Dalam Aktivitas
Pembelajaran Pada Siswi SMP Negeri 9 Palembang”. Permasalahan yang
diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana proses terbentuknya kelompok
sebaya pada siswi SMP Negeri 9 Palembang dan bagaimana peranan kelompok
sebaya dalam aktivitas pembelajaran pada siswi SMP Negeri 9 Palembang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan unit
analisis siswi SMP Negeri 9 Palembang dengan rentang umur dua belas sampai
lima belas tahun yang mempunyai kelompok sebaya. Pengumpulan data diperoleh
melalui wawancara mendalam pada 12 informan serta dengan melakukan
observasi secara langsung dan dokumentasi. Data dianalisis dengan melalui tiga
tahap, yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap verifikasi atau
kesimpulan. Berdasarkan data dan hasil temuan yang diperoleh di lapangan,
penelitian ini menggambarkan bahwa proses terbentuknya kelompok sebaya pada
siswi SMP Negeri 9 Palembang adalah dengan interaksi sosial antara anak dengan
teman-teman kelompok sebayannya. Bentuk interaksi sosial tersebut adalah
interaksi yang terus menerus dilakukan sehingga mereka sangat mudah untuk
saling mempengaruhi, menciptakan lingkaran sosial, dan membentuk kedekatan
sehingga mereka saling tergantung satu sama lain. Dimana sesuai dengan gagasan
George Simmel mengenai tipe dan bentuk interaksi sosial yang disebut “Geometri
Sosial” yaitu jumlah, ukuran kelompok, dan jarak. Selain itu peranan kelompok
sebaya dalam aktivitas pembelajaran pada siswi SMP Negeri 9 Palembang yaitu
menjadi penyemangat untuk saling men-support semangat belajar, mempengaruhi
keseriusan belajar, penyemangat bersekolah, dan bisa juga menjadi pengaruh
negatif dalam belajar, serta dapat mempengaruhi prestasi dalam pendidikan.
No copy data
No other version available