The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Jaringan sosial calo tiket kereta api di Stasiun Kertapati Palembang

Text

Jaringan sosial calo tiket kereta api di Stasiun Kertapati Palembang

Dian Tina Juwita - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Skripsi ini berjudul “Jaringan Sosial Calo Tiket Kereta Api Di Stasiun Kertapati
Palembang”. Permasalahan tentang jaringan sosial calo tiket kereta api di Stasiun
Kertapati Palembang, mulai dari terbentuknya jaringan sosial calo tiket kereta, bentuk
hubungan sosial, serta pola jaringan sosial calo. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif. Menggambarkan data deskriptif apa yang melatarbelakangi
terbentuknya dengan unit analisis individu-individu yang terkait dalam percaloan,
kelompok jaringan calo tersebut. Penentuan informan dalam penelitian dilakukan
“purposive” yaitu teknik yang bertujuan mengambil informan dari orang-orang yang
benar-benar mengetahui permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa bentuk hubungan sosial calo tiket kereta api bersifat asosiatif atau kerjasama yang
terjalin seperti dalam mengajarkan bagi calo yang baru untuk menjualkan tiket kepada
penumpang, seandainya ada calo yang sedang sakit maka calo yang lain akan membantu
menjualkan. Serta yang bersifat disasosiatif atau persaingan yang mewarnai dalam
kerjasama serta pertemanan dicalo. Walaupun ada persaingan tetapi pertemanan serta
kerjasama jauh lebih penting. Sedangkan faktor ekonomi yakni calo memang berada pada
kemiskinan yang tidak mempunyai pekerjaan, keterampilan serta modal untuk membuat
usaha sendiri sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari calopun pada
akhirnya memilih menjadi calo tiket kereta api. Faktor lingkungan dimana menjadi calo
itu dimulai dengan lingkungan yang memang berpengaruh mulai dari sama-sama sering
bertemu disekitar Stasiun, satu tempat tongkrongan yang tidak mempunyai pekerjaan
sehingga mereka sepakat menjadi calo tiket kereta api. Sedangkan pola jaringan sosial
berupa jaringan vertikal yaitu terjadinya tingkatan dalam calo tetapi hanya bersifat semu
karena sebenarnya tidak ada. Jaringan horizontal yang berawal dari sering bertemunya
mereka kemudian mulai berteman dan sepakat untuk menjadi calo tiket kereta api.
Jaringan diagonal itu tidak mempunyai ikatan keluarga atau hubungan darah.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
658.810 7 Dia j 2012
Publisher
Inderalaya : Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik., 2012
Collation
viii, 47 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
658.810 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Manajemen distribusi
Jaringan Sosial, Calo tiket.
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search