The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis kualitas retribusi pelayanan pasar di Kabupaten Ogan Ilir  tahun 2009-2012

Text

Analisis kualitas retribusi pelayanan pasar di Kabupaten Ogan Ilir tahun 2009-2012

Nelly Marya Saruksuk - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara spesifik bagaimana kualitas retribusi pelayanan pasar serta apa saja yang menjadi kendala dalam menerapkan retribusi pelayanan pasar di Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2009- 2012. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik deskriptif. Teknik pengambilan data meliputi wawancara, obervasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukan oleh Devas, meliputi hasil, keadilan, daya guna ekonomi, kemampuan melaksanakan, kesesuaian sebagai suatu sumber penerimaan daerah. Hasil analisis dan interpretasi data menunjukkan bahwa retribusi pelayanan pasar ini telah dilaksanakan sesuai dengan teori tersebut, Pada tolok ukur hasil belum mencapai hasil sebagai salah satu kriteria mengukur retribusi pelayanan pasar. Pada kriteria keadilan telah tergolong adil karena telah dilakukan dengan seimbang dengan kemampuan para wajib retribusi. Pada kriteria daya guna ekonomi belum mampu mendorong pertumbuhan ekonomi bagi daerah dan juga masyarakatnya. Pada kriteri kemampuan melaksanakan telah mampu dilaksanakan dari sudut politik dan dari sudut tata usaha yang dilakukan oleh Kantor Pengelolaan Pasar. Pada kriteria kesesuaian sebagai sumber penerimaan daerah retribusi ini telah sesuai sebagai sumber penerimaan daerah. Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan retribusi pelayanan pasar ini yaitu wajib retribusi yang memilih untuk berjualan di halaman/pelataran untuk menghindari retribusi sewa, kurangnya sarana dan prasarana dalam mendukung pelayanan yang diberikan, penegakan hukum atau sanksi yang tidak diterapkan. Berdasarkan analisis penelitian dan kendala-kendala yang ditemukan peneliti, Kantor Pengelolaan Pasar sebaiknya melakukan penertiban dan pembinaan kepada para pedagang agar berjualan di tempat yang telah disediakan, terdapatnya sarana dan prasarana yang mendukung pelayanan yang baik kepada pedagang dan masyarakat serta memberikan sanksi yang tegas bagi pedagang yang melakukan penunggakan pembayaran retribusi pelayanan pasar.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
352.135 07 Nel a 2014
Publisher
: Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik., 2014
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
352.135 07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Ekonomi
Keadilan
Retribusi Pasar
Hasil
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search