Text
Kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas 5 Ilir Kota Palembang
Puskesmas 5 Ilir Kota Palembang merupakan salah satu puskesmas induk yang ada di Kota Palembang, yang memberikan jasa pelayanan kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, sehingga jenis pelayanan yang digunakan adalah pelayanan pemberi jasa. Puskesmas 5 Ilir sebagai pelaksana pelayanan kesehatan masih dihadapi banyak masalah seperti hal nya belum secara menyeluruh terlaksana pelayanan kesehatan yang ada, yang semestinya secara menyeluruh dapat terlaksana 9 pelayanan, namun Puskesmas 5 Ilir baru memiliki dan melaksanakan 3 pelayanan yakni, poli umum poli gigi dan poli kia/kb, kemudian pada proses pelayanan mulai dari sarana prasarana yang memperlihatkan keadaan areal parkir yang kecil, ruang tunggu yang tidak nyaman, sikap petugas yang masih terkesan cuek dan tidak ramah, serta kurang tepatnya kepastian waktu dalam pelayanan kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Unit analisis data dalam penelitian ini adalah Puskesmas 5 Ilir Kota Palembang dan pasien yang berkunjung untuk berobat dan merasakan pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas 5 Ilir, Teknik penentuan informants menggunakan teknik triangulasi. Penelitian ini membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam metode kualitatif, dengan menggunakan instrumen pokok yaitu dengan mewawancarai ke 9 informan dari masing-masing jenis pelayanan yang ada di Puskesmas 5 Ilir Kota Palembang, teknik analisis data menggunakan induktif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas 5 Ilir Kota Palembang yang di lihat melalui 3 jenis pelayanan kesehatan yang ada, dengan menggunakan aspek sikap petugas, aspek prosedur, aspek waktu pelayanan, aspek fasilitas dan aspek biaya. Menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas 5 Ilir Kota Palembang masih jauh dari harapan yang di rasakan oleh masyarakat, kurang nyaman nya kondisi fasilitas, sarana prasarana seperti hal nya areal parkir, ruang tunggu. Serta tidak tepat nya waktu dalam memberikan pelayanan, sikap petugas yang cuek dan terkesan tidak ramah menimbulkan ketidak nyamanan yang dirasakan oleh pasien pengguna layanan kesehatan. Berdasarkan hasil tersebut maka saran yang dapat diberikan dengan cara diadakan nya sosialisasi dan diklat bersama antara atasan dan bawahan serta petugas dan masyarakat yang menerima pelayanan kesehatan, dengan tujuan memberikan perubahan dalam pelayanan, sehingga dapat lebih memaksimalkan dan meningkatkan harapan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan.
No copy data
No other version available