The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis kinerja perusahaan daerah air minum (PDAM) Tirta Bangka Kabupaten Bangka tahun 2012

Text

Analisis kinerja perusahaan daerah air minum (PDAM) Tirta Bangka Kabupaten Bangka tahun 2012

Risna Ningrum - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Menurut laporan hasil audit kinerja oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung cakupan pelayanan PDAM Tirta Bangka belum maksimal. Namun cakupan pelayanan sesungguhnya hanyalah salah satu aspek pengukuran kinerja. Pendekatan pengukuran lainnya juga lebih banyak hanya melihat pada satu aspek seperti keuangan. Untuk itu diperlukan pengukuran secara lebih menyeluruh. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan balanced scorecard yang mengukur kinerja menggunakan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kinerja PDAM Tirta Bangka Kabupaten Bangka Tahun 2012. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Adapun informan dalam penelitian ini adalah pegawai dan pelanggan PDAM Tirta Bangka Kabupaten Bangka. Teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada keseimbangan (balanced) antara kinerja keuangan dengan kinerja non keuangan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengukuran scorecard masing-masing perspektif. Pertama, dilihat dari kinerja perspektif keuangan tidak sehat atau dengan kata lain PDAM Tirta Bangka merugi. Kedua, dilihat dari kinerja perspektif pelanggan adalah cukup baik. Ketiga, dilihat dari kinerja perspektif proses bisnis internal adalah buruk. Keempat, dilihat dari kinerja perspektif pertumbuhan dan pembelajaran adalah baik. Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa kinerja PDAM Tirta Bangka belum maksimal. Di akhir penelitian ini peneliti merekomendasikan beberapa saran yakni saran praktis untuk peningkatan kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bangka Kabupaten Bangka dan saran teoritis untuk pengembangan keilmuan.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
658. 306 07 Ris A 2013
Publisher
: Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik., 2013
Collation
xvi, 93 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
658. 306 07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Kinerja
Balanced Scorecard
Peilaian kinerja
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search