Text
Studi terhadap motivasi belajar siswa dengan model project based learning pada materi teori kinetik gas di SMA Negeri 1 Tanjung Raja
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa dengan
menggunakan model Project Based Learning yang terdiri dari empat indikator yaitu perhatian
(attention), relevansi (relevance), percaya diri (confidence) dan kepuasan (satisfaction).
Penelitian ini dilaksanakan dengan enam kali pertemuan dikelas XI IPA 3 SMAN 1 Tanjung
Raja pada materi teori kinetik gas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar siswa dan lembar observasi.
Angket digunakan untuk melihat gambaran motivasi belajar siswa yang terdiri dari empat
indikator yaitu; perhatian, relevansi, percaya diri dan kepuasan. Untuk indikator perhatian
motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebesar 2,96, indikator relevansi mempunyai
skor rata-rata sebesar 2,87, indikator percaya diri skor rata-ratanya sebesar 2,67 dan indikator
kepuasan motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebesar 3,01. Sedangkan observasi
digunakan untuk melihat keterlaksanaan pelaksanaan pembelajaran, sehingga didapat bahwa
pembelajaran menggunakan model Project Based Learning terdiri dari enam tahapan yaitu;
(a) mulai dengan pertanyaan esensial, (b) mendesain perencanaan proyek, (c) menyusun
jadwal, (d) memonitoring siswa dan perkembangan proyek, (e) menilai hasil dan (f) evaluasi.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Project Based
Learning pada materi teori kinetik gas di SMA N 1 Tanjung Raja motivasi belajar siswa
secara keseluruhan mempunyai skor rata-rata sebesar 2,88.
No copy data
No other version available