Text
Analisis strategi keunggulan bersaing lembaga penyiaran publik (LPP) TVRI Sumatera Selatan dengan pendekatan rantai nilai
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi keunggulan bersaing lembaga penyiaran publik (LPP) TVRI Sumatera Selatan dengan pendekatan rantai nilai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengambilan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori rantai nilai dari Porter, untuk membantu menganalisis aktivitas-aktivitas spesifik agar dapat menciptakan nilai dan strategi keunggulan kompetitif bagi LPP TVRI Sumsel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rantai nilai pada umumnya belum terbentuk dengan mantap pada keseluruhan aktivitas LPP TVRI Sumsel, mulai dari aktivitas primer sampai aktivitas sekunder, sehingga margin biaya yang dihasilkan menunjukkan angka negatif yaitu - Rp1.781.207.000 yang berarti kondisi TVRI Sumsel mengalami bleeding dan menyebabkan jiwa kompetitif yang rendah. Hal itu pada gilirannya ikut menghalangi terbentuknya rantai nilai secara kuat. Berdasarkan analisis penelitian dan hasil yang ditemukan peneliti, pimpinan TVRI sudah seharusnya merancang dan mempertimbangkan strategi yang tepat untuk mempertahankan eksistensi LPP TVRI Sumsel ditengah kondisi perusahaan yang mengalami bleeding. Sehingga salah satu cara untuk mengembangkan keunggulan kompetitif pada LPP TVRI Sumsel dengan kondisi seperti ini adalah dengan melakukan strategi penciutan melalui turnaround strategy, yaitu perusahaan harus menekankan perbaikan terhadap efisiensi operasional agar dapat segera menghentikan penyebab kerugian yang menyebabkan produk perusahaan tidak bisa bersaing. Strategi ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi biaya terhadap aktivitas nilai dan berbagai sumber penyebab pengeluaran yang banyak pada bagian rantai nilai yang tidak kompetitif bagi TVRI Sumsel. Selain itu, pimpinan dan seluruh staf TVRI Sumsel hendaknya sudah mulai fokus pada pertimbangan ekonomis dan bisnis agar dapat memiliki sense of competitive advantage diantara industri pertelevisian yang semakin berkembang dinamis.
No copy data
No other version available