Text
Peningkatan hasil belajar ilmu pengatahuan sosial melalui model pembelajaran inside-outside circle siswa kelas IV SD Negeri 43 Palemban
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan sosial Melalui
Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 43
Palembang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Pembelajaran
Inside-Outside Circle. Pada penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas IV
xv
SD Negeri 43 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang
berjumlah 28 orang siswa, terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, tiap
siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kerja
yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan atau dikatakan tuntas jika nilai hasil
belajar siswa >70 dan ketuntasan kelas mencapai 80%. Pada siklus 1 diperoleh hasil
belajar kognitif siswa dengan persentase 35,71% sedangkan siklus 2 diperoleh nilai
dengan persentase 85,71%. Dan hasil belajar ranah afektif dan psikomotor siswa pada
siklus 1 berada pada kategori kurang aktif pada siklus 2 meningkat menjadi kategori
sangat aktif. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas dapat di ambil
kesimpulan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu disarankan pada guru kelas
untuk menggunakan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle pembelajaran IPS
menghasilkan kisaran antara 195 Hz – 696 Hz. Adapun karakteristik suara ikan
badut (Amphiprion ocellaris) adalah memiliki rentang intensitas (-85) – (-31) dB
dan memiliki rentang durasi pulsa yaitu 0,006 – 0,184 detik. Rentang intensitas
paling panjang dihasilkan saat makan pada 1 ekor ikan, durasi pulsa terlama dan
pulsa terpanjang dihasilkan saat belum makan pada 2 ekor ikan.
No copy data
No other version available