The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan hasil belajar ilmu pengatahuan sosial melalui model pembelajaran inside-outside circle siswa kelas IV SD Negeri 43 Palemban

Text

Peningkatan hasil belajar ilmu pengatahuan sosial melalui model pembelajaran inside-outside circle siswa kelas IV SD Negeri 43 Palemban

Sari Dindha - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan sosial Melalui
Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 43
Palembang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Pembelajaran
Inside-Outside Circle. Pada penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas IV
xv
SD Negeri 43 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang
berjumlah 28 orang siswa, terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, tiap
siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kerja
yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan atau dikatakan tuntas jika nilai hasil
belajar siswa >70 dan ketuntasan kelas mencapai 80%. Pada siklus 1 diperoleh hasil
belajar kognitif siswa dengan persentase 35,71% sedangkan siklus 2 diperoleh nilai
dengan persentase 85,71%. Dan hasil belajar ranah afektif dan psikomotor siswa pada
siklus 1 berada pada kategori kurang aktif pada siklus 2 meningkat menjadi kategori
sangat aktif. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas dapat di ambil
kesimpulan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu disarankan pada guru kelas
untuk menggunakan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle pembelajaran IPS
menghasilkan kisaran antara 195 Hz – 696 Hz. Adapun karakteristik suara ikan
badut (Amphiprion ocellaris) adalah memiliki rentang intensitas (-85) – (-31) dB
dan memiliki rentang durasi pulsa yaitu 0,006 – 0,184 detik. Rentang intensitas
paling panjang dihasilkan saat makan pada 1 ekor ikan, durasi pulsa terlama dan
pulsa terpanjang dihasilkan saat belum makan pada 2 ekor ikan.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.260 7 Sar p 2013
Publisher
Inderalaya : Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan., 2013
Collation
xiv, 199 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.260 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar
Model Pembelajaran Inside-Outside Circle
Ips SD
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search