Text
Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam pemilihan kelompok peminatan melalui bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik home room pada siswa kelas X di SMA Negeri I Inderlaya
Banyaknya permasalahan yang dialami siswa dalam menentukan kelompok
peminatannya, maka diperlukannya tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan siswa dalam melakukan pemilihan kelompok peminatannya secara tepat
dan mandiri. Penelitian ini diberikan kepada siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya
yang mengalami permasalahan pemilihan kelompok peminatan. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) yang terdiri
dari dua siklus tindakan, setiap siklus terdapat tindakan percobaan, perbaikan dan
pemantapan. Hasil penelitian adalah terdapat perubahan kemampuan siswa yang
lebih baik dalam melakukan pemilihan kelompok minatnya, dimana sebelumnya para
siswa “tidak mampu” melakukan kelompok peminatan menjadi “mampu” melakukan
kelompok peminatannya secara tepat dan mandiri. Adapun peningkatan minat belajar
siswa dalam kelompok peminatannya yang muncul setelah tindakan digambarkan
dalam skala semantik deferensial, pada data awal rata-rata skor yang diperoleh dari
seluruh subjek penelitian sebesar 7,11 mengalami kenaikan sebesar 1,08 skor menjadi
8,19 skor pada siklus pertama dan pada siklus kedua terjadi kenaikan skor sebesar
0,27 menjadi 8,46 skor setiap pelajarannya, sehingga mampu mengurangi keraguan
dan mampu memotivasi minat belajar para siswa tersebut. Adapun pelaksanaan
bimbingan kelompok teknik home room yang diberikan berjalan dengan baik, dimana
aspek keterbukaan, aspek kenyaman, aspek keaktifan, aspek keakraban dan aspek
kepedulian pada saat panelitian dapat dimunculkan dalam kelompok bimbingan.
No copy data
No other version available