Text
Upaya meningkatkan konsep diri akademik melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom di kelas X teknik komputer dan jaringan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Inderalaya Utara
Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Konsep Diri Akademik Melalui Layanan
Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Di Kelas X TKJ Sekolah
Menengah Kejuruan Negeri 1 Indralaya Utara. Masalah yang dijawab dalam
penelitian ini adalah apakah konsep diri akademik siswa dapat ditingkatkan melalui
layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom. Tujuan penelitian ini untuk
meningkatkan konsep diri akademik pada siswa melalui layanan bimbingan
kelompok dengan teknik homeroom. Adapun metodologi penelitian ini adalah dengan
menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK), dengan
melakukan 2 siklus tindakan dan subjek penelitian berjumlah 7 orang. Instrumen
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian
tindakan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan konsep diri akademik pada
siswa setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom.
Dengan demikian dapat direkomendasikan bahwa kegiatan layanan bimbingan
kelompok dengan teknik homeroom dapat digunakan untuk meningkatkan konsep diri
akademik pada siswa.
Kata Kunci : Konsep Diri Akademik Siswa, Layanan Bimbingan Kelompok,
Teknik Homeroom
No copy data
No other version available