Skripsi
ANALISIS UPAYA GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 TULUNG SELAPAN
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru Pendidikan Pancasila dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Tulung Selapan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 1 Tulung Selapan melakukan berbagai upaya untuk menumbuhkan motivasi belajar. Upaya tersebut meliputi pemberian penghargaan berupa pujian dan hadiah-hadiah seperti pena dan makanan kecil; menciptakan suasana kelas yang kondusif melalui kebersihan, penataan tempat duduk, dan kegiatan permainan edukatif atau ice breaking; serta penggunaan metode pembelajaran yang variatif seperti ceramah, diskusi, tanya jawab, kuis, dan permainan edukatif. Selain itu, guru menerapkan penilaian yang adil bagi seluruh peserta didik berbasis Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan remedial bagi peserta didik yang belum tuntas, memberikan umpan balik berupa pujian, saran, dan koreksi, serta membangun hubungan positif melalui komunikasi terbuka, pembagian kelompok kecil, dan penyelesaian konflik yang tepat. Kata Kunci: upaya guru, motivasi belajar, Pendidikan Pancasila
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2507006580 | T186346 | T1863462025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |