Skripsi
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP RESPON PENGETAHUAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR
Kelompok yang umumnya tidak berdaya melawan tindakan yang tidak etis adalah anak-anak, sehingga hampir setiap kasus kekerasan seksual yang terjadi sebagian besar adalah anak-anak dimana kekerasan seksual terhadap anak bisa menyebabkan dampak fisik, psikis dan sosial yang dirasakan oleh anak sebagai korban. Pengetahuan tentang kekerasan seksual pada anak sangat penting diberikan dengan melalui pendidikan kesehatan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan kesehatan pencegahan kekerasan seksual terhadap respon pengetahuan pada anak sekolah dasar. Penelitian desain ini adalah quasi experimental design dengan rancangan pre-test post-test, control group design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 36 sampel anak sekolah dasar 45 Prabumulih yang diambil menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil Analisis menggunakan uji wilcoxon didapatkan (p= 0,000) yang menunjukan ada pengaruh pendidikan kesehatan pencegahan kekerasan seksual terhadap respon pengetahuan pada anak sekolah dasar dan dengan menggunakan uji mann whitney didapatkan hasil pengetahuan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol menunjukan bahwa tidak ada perbedaan antara dua kelompok antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol karena keduanya sama sama berpengaruh. Media komik maupun story telling ini sama-sama dapat membuat anak-anak lebih memahami materi yang disampaikan dengan memadukan kekuatan bercerita, gambar dan tulisan, serta yang dirangkai dalam suatu alur cerita gambar membuat informasi lebih mudah diserap. Pentingnya diberikan penyuluhan pendidikan kesehatan tentang kekerasan seksual rutin pada anak sekolah dasar sehingga dapat mencegah atau mengurangi adanya tindakan kekerasan seksual anak. Kata kunci: Kekerasan Seksual, Komik, Respon Pengetahuan Anak, Story Telling.
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2407004268 | T149901 | T1499012024 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |