Skripsi
HIPERREALITAS DALAM FOODSTAGRAMMING: STUDI TENTANG PENGGUNAAN FOTO ORANG LAIN DALAM REPRESENTASI KULINER DI INSTAGRAM.
Penelitain ini mengkaji hiperrealitas kepalsuan dalam foodstagramming di instagram, khususnya penggunaan foto orang lain untuk repsentasi kuliner. Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, manusia kina membangun identitas diri secara virtual, seringkali melalui media sosial seperti instagram. Generasi Z, yang sangat akrab dengan teknologi digital, sering memanipulasi foto makanan agar telihat menarik, untuk mendapatkan perhatian dan pengakuan sosial. Fenomena ini menciptakan hiperrealitas terjadi dam bentuk-bentuknya dalam foodstagramming di instagram. Temuan menunjukkan bahwa pengguna sering memanfaatkan foto kuliner oranglain untuk menciptakan citra yang ideal di media sosial, menciptakan realitas yang lebih menarik daripada kenyataanya. Penelitian ini menggunakan meyode kualitatif deskriptif dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian mengungkap bahwa motif utama di balik foodstagramming adalah dorongan untuk mendapatkan validasi sosial dan membangun identitas virtual yang menarik. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan memberikan pemahaman tentang dinamika sosial media dan dampaknya pada persepsi realitas, serta menawarkan wawasan tentang bagaimana teknologi mempengaruhi interaksi sosial dan foodstagramming dapat mempengaruhi perpepsi individu terhadap pengalaman kuliner mereka sendiri, menciptakan standar yang tidak realistis.
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2407006549 | T1595702 | T1595702024 | Central Library (REFERENCE) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available