Skripsi
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PERILAKU DAN PERILAKU PENGGUNAAN APLIKASI DIGITAL BANKING SEABANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXTENSION OF UTAUT 2
Seabank merupakan aplikasi bank digital yang dimiliki PT Bank Seabank Indonesia yang membantu dalam melakukan aktivitas finansial, mulai dari menabung hingga bertransaksi, melalui handphone kapan pun dan dimana pun. Namun, aplikasi seabank mengalami penurunan pengguna aktif dan open rate yang mana para pengguna mengeluhkan beberapa masalah baik dalam hal teknis maupun event atau keuntungan dalam menggunakan aplikasi ini. Penelitian ini menggunakan metode Extension of Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat perilaku (behavioral intention) dan perilaku penggunaan (use behavior) pada aplikasi Seabank. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan kuisioner online yang diisi oleh pengguna aplikasi Seabank dengan jumlah 201 responden. Kemudian, data ini dianalisis dengan menggunakan metode pendekatan Partial Least Square Path Modeling (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hedonic motivation, habit, dan perceive trust yang memengaruhi secara langsung dan tidak langsung niat perilaku dan perilaku penggunaan aplikasi seabank (partial mediation). Sedangkan, behavioral intention berpengaruh langsung terhadap perilaku penggunaan aplikasi seabank (no mediation). Variabel moderasi age, gender, dan experience tidak memengaruhi keterikatan dari seluruh variabel yang ada.
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2407005233 | T153495 | T1534952024 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |