Skripsi
PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS INQUIRY LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI FLIPBOOK PRO MAKER PADA MATERI PENINGGALAN KERAJAAN SRIWIJAYA DI MUSEUM TWKS PALEMBANG BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 BANYUASIN III.
ABSTRAK Penelitian ini berjudul " Pengembangan E-Module Berbasis Inquiry Learning Menggunakan Aplikasi Flipbook Pro Maker Pada Materi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Museum TWKS Palembang Bagi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Banyuasin III". Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada kelas X.4 dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana cara mengembangkan E-module berbasis Inquiry Learning menggunakan aplikasi Flipbook Pro Maker pada materi peninggalan kerajaan Sriwijaya di museum TWKS Palembang bagi peserta didik Kelas X SMAN 1 Banyuasin III yang valid, menarik, dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-module berbasis Inquiry Learning menggunakan aplikasi Flipbook Pro Maker pada materi peninggalan kerajaan Sriwijaya di museum TWKS Palembang bagi peserta didik Kelas X SMAN 1 Banyuasin III yang valid, menarik, dan efektif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model Alessi & Trollip yang terdiri dari tahap perencanaan, perancangan, dan pengembangan. Untuk mengetahui kevalidan produk dapat dilihat berdasarkan hasil uji alpha yang dilakukan oleh validator ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil validasi dari ahli materi sebesar 4,57 dan ahli media sebesar 4,80 berkategori sangat valid sedangkan dari ahli bahasa mendapatkan nilai 3,76 yang berkategori valid. Kemudian, untuk kevalidan produk berdasarkan hasil uji beta melalui uji coba perorangan memperoleh nilai 4,45 dan uji coba kelompok kecil mendapatkan 4,57 yang termasuk dalam kategori sangat efektif. Uji lapangan dilakukan untuk melihat tingkat kemampuan peserta didik melalui kegiatan pretest dan posttest, yang dalam tahap ini peserta didik mendapatkan peningkatan nilai sebesar 46,33% dan N-gain 0,66 dengan tergolong kategori tinggi. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital berbentuk E-Module termasuk valid dan efektif serta berdampak positif bagi peserta didik. Kata Kunci: Pengembangan E- Module, Inquiry Learning, Peninggalan Kerajaan Sriwijaya.
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2407006532 | T159770 | T1597702024 | Central Library (REFERENCE) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available