Skripsi
DIPLOMASI BUDAYA WONDERFUL INDONESIA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN MANCANEGARA DARI MALAYSIA TAHUN 2022-2024
Persaingan pariwisata yang semakin ketat di Asia Tenggara, terutama dengan dominasi Thailand, serta tantangan internal seperti konektivitas dan harga tiket pesawat. Dalam konteks tersebut, kampanye Wonderful Indonesia tidak hanya menjadi sarana promosi pariwisata, tetapi juga berfungsi sebagai instrumen soft power dalam diplomasi budaya. Penelitian ini menganalisis strategi kerja sama, peran pemerintah dan efektivitas diplomasi budaya Indonesia dalam menarik wisatawan mancanegara dari Malaysia melalui kampanye Wonderful Indonesia pada periode 2022-2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan analisis data sekunder untuk mengevaluasi pelaksanaan diplomasi budaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Berdasarkan teori cultural diplomacy oleh Patricia M. Goff (2013), penelitian ini menganalisis lima variabel utama, yaitu the context of cultural diplomacy, the role of governments in cultural diplomacy, club and network diplomacy, the 'how to' guide, dan the limits of cultural diplomacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye ini berhasil mendorong peningkatan jumlah wisatawan Malaysia, dari 1,9 juta pada 2023 menjadi lebih dari 2,27 juta pada 2024. Dengan demikian, diplomasi budaya melalui Wonderful Indonesia memiliki kontribusi yang signifikan, dan perlu penguatan lebih secara kelembagaan dan lintas sektor. Kata Kunci: Diplomasi Budaya, Wonderful Indonesia, Wisatawan Malaysia, Soft Power, Pariwisata Indonesia
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2507006369 | T185930 | T1859302025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
| Title | Edition | Language |
|---|---|---|
| ANALISIS AKTOR DALAM IMPLEMENTASI WONDERFUL INDONESIA SEBAGAI NATION BRANDING PARIWISATA INDONESIA | - | id |