Skripsi
PENGARUH INTENSITAS ENDORSEMENT SELEBGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SRIWIJAYA
PENGARUH INTENSITAS ENDORSEMENT SELEBGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SRIWIJAYA Endorsement selebgram merupakan salah satu bentuk pemasaran digital yang saat ini marak digunakan karena dinilai efektif dalam memengaruhi keputusan konsumen, khususnya generasi muda yang aktif di media sosial. Mahasiswi sebagai kelompok pengguna aktif media sosial sering kali terpapar konten promosi tersebut, sehingga berpotensi terdorong melakukan pembelian bukan semata karena kebutuhan, melainkan karena tren dan citra yang dibangun oleh selebgram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas endorsement selebgram terhadap perilaku konsumtif mahasiswi Sosiologi FISIP Universitas Sriwijaya. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif kausal melalui penyebaran kuesioner, kemudian data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara intensitas endorsement selebgram dan perilaku konsumtif. Hal ini menunjukkan bahwa selebgram tidak hanya berperan sebagai promotor produk, tetapi juga memiliki peran dalam membentuk perilaku konsumtif. Namun dalam temuan ini, endorsement selebgram bukanlah faktor utama dalam membentuk perilaku konsumtif mahasiswi, karena dalam hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 40,2% intensitas endorsement selebgram memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumtif, dan sisanya 59,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang diluar penelitian, seperti kepribadian, kondisi ekonomi, pengaruh teman sebaya atau faktor psikologis lainnya. Kata Kunci: Instagram, Endorsement Selebgram, Perilaku Konsumtif, Mahasiswi.
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2507005611 | T183625 | T1836252025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |