Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 05 PEMULUTAN
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan Model Mind Mapping terhadap hasil belajar mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 05 Pemulutan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Pre- Experimental Designs, Yaitu, One Group Pretest-Posstes Populasi penelitian ini berjumlah 20 orang sekaligus sebagai sampel penelitian. Model pembelajaran pada penelitian ini adalah Mind Mapping. Instrumen ini mengunakan uji validitas dan reliabilitas serta teknik Tes membagikan soal Pretest-Posttest. Dan analisis data menggunakan uji normalitas dan Uji Hipotesis Atau T. Adapun hasil keterangan Uji Hipotesis T menunjukkan hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan Model Mind Mapping , nilai koefisien (β) untuk kelas eksperimen Hasil nilai pretest kelas eksperimen yaitu dengan nilai rata-rata 71,00 Nilai koefisien determinasi sebesar 77,1% berarti varian dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dapat dijelaskan oleh variabel mind mapping. Sedangkan 22,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar mind mapping. Pengaruh peserta didik dalam penggunaan model mind mapping dengan nilai t hitung 3,568 > t tabel 2,262, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis tersebut diterima yang paling berpengaruh pada hasil belajar siswa ditunjukkan oleh nilai koefisien (β) untuk kelas eksperimen posttest yaitu sebesar 0,654. Hasil uji hipotesis pertama dengan uji t memperoleh t hitung penggunaan mind mapping sebesar 3,642 lebih besar dari t tabel sebesar 2,01 pada taraf signifikan 5%. Artinya hipotesis pertama dinyatakan diterima, yaitu bahwa pengaruh mind mapping positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SD Negeri 5 Pemulutan . Serta Berdasarkan hasil Keterangan Respon Angket peserta didik, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 05 Pemulutan. Yaitu hasil dari presentase berupa 85% yang Positif setuju sedangkan 50 Menyatakan tidak setuju. Bahkan dapat dikatakan rata-rata banyak yang mengatakan setuju itulah sebab dinyatakan bahwa Penggunaan model Pembelajaran Mind Mapping sangat bermanfaat, dapat mengemukakan pendapat,sangat termotivasi, lebih menarik, menemukan inspirasi ide atau gagasan.
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2407005171 | T152763 | T1527632024 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |