The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 05 PEMULUTAN

Skripsi

PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 05 PEMULUTAN

Shabirah, Afra - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan Model Mind Mapping terhadap hasil belajar mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 05 Pemulutan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Pre- Experimental Designs, Yaitu, One Group Pretest-Posstes Populasi penelitian ini berjumlah 20 orang sekaligus sebagai sampel penelitian. Model pembelajaran pada penelitian ini adalah Mind Mapping. Instrumen ini mengunakan uji validitas dan reliabilitas serta teknik Tes membagikan soal Pretest-Posttest. Dan analisis data menggunakan uji normalitas dan Uji Hipotesis Atau T. Adapun hasil keterangan Uji Hipotesis T menunjukkan hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan Model Mind Mapping , nilai koefisien (β) untuk kelas eksperimen Hasil nilai pretest kelas eksperimen yaitu dengan nilai rata-rata 71,00 Nilai koefisien determinasi sebesar 77,1% berarti varian dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dapat dijelaskan oleh variabel mind mapping. Sedangkan 22,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar mind mapping. Pengaruh peserta didik dalam penggunaan model mind mapping dengan nilai t hitung 3,568 > t tabel 2,262, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis tersebut diterima yang paling berpengaruh pada hasil belajar siswa ditunjukkan oleh nilai koefisien (β) untuk kelas eksperimen posttest yaitu sebesar 0,654. Hasil uji hipotesis pertama dengan uji t memperoleh t hitung penggunaan mind mapping sebesar 3,642 lebih besar dari t tabel sebesar 2,01 pada taraf signifikan 5%. Artinya hipotesis pertama dinyatakan diterima, yaitu bahwa pengaruh mind mapping positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SD Negeri 5 Pemulutan . Serta Berdasarkan hasil Keterangan Respon Angket peserta didik, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 05 Pemulutan. Yaitu hasil dari presentase berupa 85% yang Positif setuju sedangkan 50 Menyatakan tidak setuju. Bahkan dapat dikatakan rata-rata banyak yang mengatakan setuju itulah sebab dinyatakan bahwa Penggunaan model Pembelajaran Mind Mapping sangat bermanfaat, dapat mengemukakan pendapat,sangat termotivasi, lebih menarik, menemukan inspirasi ide atau gagasan.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2407005171T152763T1527632024Central Library (References)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1527632024
Publisher
Indralaya : Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2024
Collation
xiiii, 96 hlm.; ilus.; tab, 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.307
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
other (computer)
Edition
-
Subject(s)
Metode belajar mengajar
Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
SEW
Other version/related
TitleEditionLanguage
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS ANDROID PADA MATERI PEMBELAJARAN PENYEBARAN ISLAM DI KOTA PAGAR ALAM DI KELAS X MAN 1 PAGAR ALAMid
PENGEMBANGAN MIND MAPPING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI JALUR PENYEBARAN ISLAM DI NUSANTARA DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA-id
File Attachment
  • PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 05 PEMULUTAN
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search