Text
Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pertanyaan Rekayasa Terhadap HAsil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SMP Srijaya Negara Palembang
Pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe pertanyaan rekayasa terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPS di SMP Srijaya Negara Palembang ini telah diteliti dengan menggunakan
metode eksperimen. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh
strategi pembelajaran aktif tipe pertanyaan rekayasa dengan strategi pembelajaran aktif tipe
semua bisa jadi guru di sini terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP Srijaya
Negara Palembang tahun ajaran 2012/2013. Desain penelitian ini menggunaan quasi
experimental design dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A sebanyak 39 orang dan VIII B
sebanyak 39 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian berupa tes dengan jenis soal
pilihan ganda yang terdiri dari 22 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.
Berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan pada taraf
5% dan derajat kebebasan dk = n1 + n2 – 2 jadi (dk = 76) yang berarti
( , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
perbedaan pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe pertanyaan rekayasa dengan strategi
pembelajaran aktif tipe semua bisa jadi guru di sini terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPS di SMP Srijaya Negara Palembang. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil
belajar IPS siswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran aktif tipe pertanyaan rekayasa
lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diberi pelakuan strategi pembelajaran aktif
tipe semua bisa jadi guru di sini. Oleh karena itu, strategi pembelajaran aktif tipe pertanyaan
rekayasa ataupun strategi pembelajaran aktif tipe semua bisa jadi guru di sini dapat dijadikan
alternatif bagi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata-kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pertanyaan Rekayasa, Strategi Pembelajaran
Aktif Tipe Semua Bisa Jadi Guru Di Sini, Hasil Belajar
No copy data
No other version available