The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pertanyaan Rekayasa Terhadap HAsil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SMP Srijaya Negara Palembang

Text

Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pertanyaan Rekayasa Terhadap HAsil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SMP Srijaya Negara Palembang

Fenti Novita - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe pertanyaan rekayasa terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPS di SMP Srijaya Negara Palembang ini telah diteliti dengan menggunakan
metode eksperimen. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh
strategi pembelajaran aktif tipe pertanyaan rekayasa dengan strategi pembelajaran aktif tipe
semua bisa jadi guru di sini terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP Srijaya
Negara Palembang tahun ajaran 2012/2013. Desain penelitian ini menggunaan quasi
experimental design dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A sebanyak 39 orang dan VIII B
sebanyak 39 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian berupa tes dengan jenis soal
pilihan ganda yang terdiri dari 22 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.
Berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan pada taraf
5% dan derajat kebebasan dk = n1 + n2 – 2 jadi (dk = 76) yang berarti
( , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
perbedaan pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe pertanyaan rekayasa dengan strategi
pembelajaran aktif tipe semua bisa jadi guru di sini terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPS di SMP Srijaya Negara Palembang. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil
belajar IPS siswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran aktif tipe pertanyaan rekayasa
lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diberi pelakuan strategi pembelajaran aktif
tipe semua bisa jadi guru di sini. Oleh karena itu, strategi pembelajaran aktif tipe pertanyaan
rekayasa ataupun strategi pembelajaran aktif tipe semua bisa jadi guru di sini dapat dijadikan
alternatif bagi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata-kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pertanyaan Rekayasa, Strategi Pembelajaran
Aktif Tipe Semua Bisa Jadi Guru Di Sini, Hasil Belajar


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
370.154 07 Fen p 2013
Publisher
Inderalaya : Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan., 2015
Collation
x,93hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
370.154 07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Strategi Pembelajaran - Hasil Belajar
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search