Text
Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pemebelajaran kooperatif teknik make a match siswa kelas V SD Negeri 63 Palembang
Penelitian ini berjudul “Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui model
pembelajaran kooperatif teknik Make A Match siswa kelas V SD Negeri 63
Palembang”. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahapan, yaitu (a) perencanaan
(planning), (b) tindakan (action), (c) pengamatan (observation), dan (d) refleksi
(reflection). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 63 Palembang. Subjek
penelitiannya adalah siswa kelas V A SD Negeri 63 Palembang yang berjumlah 28
orang, terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Penelitian
ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match (mencari pasangan) yang
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V. Berdasarkan penelitan
yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada
siklus I mencapai 64,29% dan pada siklus II mencapai 85,71%. Maka dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match ini dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match ini juga dapat meningkatkan
keaktifan siswa pada proses pembelajaran, hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I
sebesar 67,5% yang dikategorikan cukup aktif dan pada siklus II meningkat menjadi
80,71% yang dikategorikan aktif. Dari hasil yang telah didapatkan tersebut, maka
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match ini
dapat juga meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS).
Kata Kunci : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), model pembelajaran kooperatif teknik
Make A Match, hasil belajar
No copy data
No other version available