The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pemebelajaran kooperatif teknik make a match siswa kelas V SD Negeri 63 Palembang

Text

Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pemebelajaran kooperatif teknik make a match siswa kelas V SD Negeri 63 Palembang

Desi Putri Pratiwi - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini berjudul “Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui model
pembelajaran kooperatif teknik Make A Match siswa kelas V SD Negeri 63
Palembang”. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahapan, yaitu (a) perencanaan
(planning), (b) tindakan (action), (c) pengamatan (observation), dan (d) refleksi
(reflection). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 63 Palembang. Subjek
penelitiannya adalah siswa kelas V A SD Negeri 63 Palembang yang berjumlah 28
orang, terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Penelitian
ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match (mencari pasangan) yang
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V. Berdasarkan penelitan
yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada
siklus I mencapai 64,29% dan pada siklus II mencapai 85,71%. Maka dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match ini dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match ini juga dapat meningkatkan
keaktifan siswa pada proses pembelajaran, hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I
sebesar 67,5% yang dikategorikan cukup aktif dan pada siklus II meningkat menjadi
80,71% yang dikategorikan aktif. Dari hasil yang telah didapatkan tersebut, maka
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match ini
dapat juga meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS).
Kata Kunci : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), model pembelajaran kooperatif teknik
Make A Match, hasil belajar


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.260 7 Des u 2013
Publisher
Inderalaya : Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan., 2013
Collation
xiii,207hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.260 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar-IPS
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), model pembelajaran
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search