Skripsi
PENGALAMAN PEMBELI BERTRANSAKSI PADA LIVE STREAMING TIKTOK SHOP (STUDI FENOMENOLOGI PADA MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA)
Live streaming TikTok adalah fitur siaran langsung dalam aplikasi TikTok yang memungkinkan pengguna, terutama kreator dan penjual, untuk berinteraksi secara real time dengan audiens atau penonton. Live streaming. TikTok Shop menjadi bagian dari gaya hidup digital mahasiswa yang aktif dan reflektif terhadap pengalaman sosial mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami pengalaman subjektif mahasiswa FISIP Universitas Sriwijaya dalam melakukan transaksi melalui fitur live streaming TikTok Shop. Teori yang digunakan yaitu teori fenomenologi Alfred Schutz yang menekankan pada pemahaman tindakan sosial melalui motif dan makna subjetif individu berdasarkan dunia kehidupannya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam terhadap empat informan dari jurusan berbeda di FISIP Universitas Sriwijaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengenal fitur live TikTok Shop secara tidak sengaja dan mulai tertarik karena visualisasi produk, suasana live yang interaktif, serta promo eksklusif yang ditawarkan. Pengalaman pertama kali bertransaksi cenderung terjadi secara spontan, dipengaruhi oleh emosi, suasana siaran, dan dorongan untuk mendapatkan keuntungan ekonomis. Selain itu, makna subjektif yang terbentuk meliputi: belanja sebagai hiburan, pengalaman interaksi sosial, rasa percaya terhadap produk, serta kepuasan emosional dalam transaksi. Kata Kunci: Makna, Pengalaman, TikTok Shop, Live Streaming, Mahasiswa, Fenomenologi Alfred Schutz
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2507006012 | T184747 | T1847472025 | Central Library (REFERENCE) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available