Skripsi
STRATEGI IMPRESSION MANAGEMENT PELAKU FLEXING DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KOMPARATIF PADA AKUN INSTAGRAM @IBNUWARDANI DAN @ADELINEMARGARET)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Impression Management yang dilakukan oleh influencer yaitu Ibnu Wardani dan Adeline Margaret di Instagram sebagai bentuk representasi diri. Impression Management merupakan upaya seseorang untuk mengendalikan atau memanipulasi persepsi orang lain terhadap kesan dirinya. Penelitian ini fokus kepada peran media sosial khususnya Instagram sebagai platform yang digunakan untuk membangun dan mengelola citra diri seorang influencer yang terkenal dengan tindakan flexing. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis konten Instagram dari akun Ibnu Wardani dan Adeline Margaret. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi terhadap postingan, caption dan interaksi followers. Analisis dilakukan dengan mempertimbangkan aspek-aspek seperti jenis konten, gaya komunikasi, filter visual dan respon terhadap komentar. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ibnu Wardani dan Adeline Margaret sebagai influencer menggunakan Instagram untuk salah satu alat utama dalam kegiatan mempresentasikan identitas dan membangun citra yang diinginkan. Mereka secara aktif merancang postingan dengan memperhatikan estetika visual, merancang caption yang mendukung narasi dan berinteraksi dengan followers untuk memperkuat kesan positif. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi adanya penggunaan strategi Impression Management dengan strategi yang dominan dipakai oleh kedua subjek penelitian adalah strategi self promotion dikarenakan strategi ini bertujuan untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki. Kata Kunci: Impression Management, Representasi diri, Flexing, Instagram
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507006009 | T184742 | T1847422025 | Central Library (REFERENCE) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available