Skripsi
IMITASI BUDAYA POP KOREA DI KALANGAN MASYARAKAT PALEMBANG (STUDI PADA KOMUNITAS “HANSARANG CLUB PALEMBANG”)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendalami tentang pengalaman imitasi Budaya Pop Korea pada para anggota Komunitas Hansarang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekekatan fenomenologi. Subjek dari penelitian sendiri ialah para anggota yang tergabung kedalam Komunitas Hansarang. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Social Learning Theory oleh Albert Bandura. Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadapa ketujuh informan, mereka mengkonfirmasi bahwa mereka mengalami imitasi Budaya Pop Korea dari idola yang mereka kagumi. Hasil tiruan ketujuh informan berupa gaya hidup, seni, dan bahasa. Hasil tiruan disebabkan oleh empat proses seperti yang diungkapkan Bandura ialah proses perhatian, proses retensi, proses reproduksi motor, dan proses motivasi. Dari keempat proses peniruan dapat melihat jenis-jenis peniruan berdasarkan upaya peniruan yang dilakukan dari ketujuh informan yaitu jenis peniruan langsung, peniruan tidak langsung, peniruan gabungan, peniruan sesaat, dan peniruan berkelanjutan. Kata Kunci: Imitasi, Budaya Pop Korea, Komunitas Hansarang
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507005998 | T184751 | T1847512025 | Central Library (REFERENCE) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available