Skripsi
ANALISA PERBANDINGAN PERHITUNGAN EFISIENSI PEMAKAIAN MATERIAL BAJA CANAI PANAS (HOT-ROLLED) DAN BAJA CANAI DINGIN (COLD-FORMED) PADA STRUKTUR KUDA-KUDA ATAP RANGKA
Atap merupakan suatu ciri khas atau identitas suatu bangunan dan sangat penting dalam struktur bangunan, karena berfungsi untuk melindungi struktur bangunan di bawahnya. Dalam kehidupan sehari-hari sering kita temui berbagai macam jenis kuda-kuda yang berbeda, baik dalam pemakaian material ataupun bentuk konfigurasi. Dan segi pemakaian bahan terdapat jenis Kuda-kuda Kayu, Beton, Bambu dan Baja. Dewasa ini penggunaan Kayu, Beton, dan Bambu yang memiliki banyak kekurangan telan tergantikan dengan Baja yang lebih unggul dalam banyak hal. Baja merupakan bahan konstruksi yang memiliki banyak keunggulan, dewasa ini jenis baja yang sering dipakai dalam kehidupan sehari adalah Baja Konvensional (Hot-Rolled) dan Baja Ringan {Cold- Formed). Mengingat sangat pentingnya aspek pengembangan dunia konstruksi baja, kini pangsa pasar pengadaan jasa konstruksi Baja Ringan telah meluas dan mengambil peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Baja Canai Panas (Hot-Rolled) dan Baja Canai Dingin (Cold-Formed) memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing sehingga perlu dikaji lebih mendalam.Banyak pakar konstruksi di Indonesia telah mengadakan forum pertemuan untuk membahas perlu adanya semacam kurikulum khusus mengenai study pembelajaran Cold-Formed dalam mata pelajaran Struktur Baja di bangku kuliah. Mengingat belum adanya Standarisasi resmi dari pemerintah mengenai perhitungan konstruksi Cold-Formed ini. semacam Standar Peraturan untuk perencanaan Struktur Rangka Atap di Indonesia saat ini belum mencakup keseluruhan material dalam aplikasi penggunaannya, sehingga perlu di adakan pengkajian lebih mendalam mengenai permasalahan tersebut. Dalam penyusunan laporan ini akan dikaji dan dibahas mengenai perbandingan kedua standar penggunaan material yang lazim dipakai dalam dunia perencanaan Struktur Rangka Atap dalam kehidupan sehari-hari yaitu Material Baja Berat/Konvensional (Hot-Rolled) dan Baja Ringan (Cold- Formed). Dimana penggunaan standarisasi peraturan kedua jenis material tersebut akan menggunakan Standar Peraturan Asing dari Amerika yaitu Material Baja Konvensional CHot-Rolled) dengan Standar AISC-LRFD 1999 dan Baja Ringan {Cold-Formed) dengan standar AISI-LRFD 1996. Usulan pengajuan penyusunan Laporan Tugas Akhir ini dimaksudkan untuk memberikan suatu gambaran yang lebih jelas mengenai perbandingan perencanaan Struktur Kudakuda Atap Bentuk Rangka dalam Aplikasi penggunaan dalam 3 bentang kuda-kuda yaitu 8, 12, dan 15 m yang diharapkan dapat memberikan penjelasan yang lebih mudah untuk dipahami dan diharapkan dapat dijadikan sebagi bahan pembelajaran dalam mata kuliah Struktur Baja. Hasil perhitungan tersebut akan dibuat dalam bentuk grafik dan tabel perbandingan tingkat Berat, Volume, dan Biaya. Sehingga diharapkan penelitian ini dapat memberikan informasi detail mengenai perbandingan perhitungan efisiensi pemakaian material dari kedua jenis material kuda-kuda atap rangka tersebut dan kedepannya diharapkan sebagai Ahli Engineering kita akan dapat mengetahui bentuk konfigurasi kuda-kuda dengan material apa yang memiliki kriteria terbaik, yaitu AMAN dan PALING EFISIEN.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1007000099 | T130365 | T1303652009 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |