Skripsi
PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN AKIBAT MENGGUNAKAN OBAT PEMUTIH WAJAH MELALUI IKLAN DI MEDIA SOSIAL
ABSTRAK Pelaku usaha yang menjual produk dengan informasi yang tidak jelas harus bertanggungjawab atas kerugian konsumen. Sebagai bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen. Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan akibat menggunakan obat pemutih wajah melalui iklan di media sosial serta untuk mengetahui dan menganalisis pertanggungjawaban hukum pelaku usaha yang menimbulkan kerugian bagi konsumen dalam jual beli obat pemutih wajah melalui iklan di media sosial. Metode penelitian hukum normatif dilakukan baik meneliti bahan kepustakaan berupa peraturan perundang-undangan, literatur, dan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk memungkinkan konsumen menyelesaikan setiap permasalahannya, Undang-Undang perlindungan konsumen menyediakan beberapa alternatif pengadilan dan abitrase. Dengan adanya Undang-undang Perlindungan Konsumen maka sedikit banyak konsumen dapat terlindungi hak-haknya di media sosial, sebagaimana yang diatur tentang Perlindungan Konsumen merupakan salah satu upaya dari undang-undang ini untuk menjangkau perlindungan terhadap pelaku usaha yang mengiklankan produknya yang menyesatkan. Dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen menentukan bahwa pelindungan konsumen sebagai upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen. Kedepan perlu adanya penegakan hukum (law enforcement) yang lebih baik dalam rangka pemenuhan hak konsumen di bidang peredaran kosmetik. Pemerintah dan pelaku usaha harus memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada semua pihak. Perlu adanya sosialisasi dengan memberikan pendidikan kepada pelaku usaha untuk tidak mengedarkan produk kosmetik yang membahayakan konsumen. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Obat Pemutih Wajah, Iklan Media Sosial.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507005981 | T184750 | T1847502025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available