The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENAMBAHAN HIDROGEN DAN OKSIGEN HASIL ELEKTROLISA KE DALAM RUANG PEMBAKARAN TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA MOTOR HONDA SUPRA V

Skripsi

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENAMBAHAN HIDROGEN DAN OKSIGEN HASIL ELEKTROLISA KE DALAM RUANG PEMBAKARAN TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA MOTOR HONDA SUPRA V

Wibowo, Gabreel Dwi Heri - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Dalam setiap pembakaran motor bakar, akan menghasilkan emisi gas buang karena teijadinya pembakaran tak sempurna, dalam kenyataannya pembakaran sempurna tidak pernah teijadi dalam setiap pembakaran. Kadar emisi gas buang juga ditentukan oleh jenis bahan bakar, hidrogen merupakan salah satu bahan bakar yang ramah lingkungan. Hidrogen hasil elektrolisa pada pengujian ini tidak mencukupi untuk menggantikan kebutuhan bensin pada motor Honda Supra V, maka hidrogen hanya digunakan untuk penambah bensin. Pengujian dilakukan pada motor Honda supra V dengan memvariasikan beberapa putaran yaitu 850 rpm, 1050 rpm, 1250 rpm, 1450 rpm, 1650 rpm, 2500 rpm, 4500 rpm, dan 6500 rpm. Dengan kondisi sebelum penambahan hidrogen dan oksigen dan setelah penambahan hidrogen dan oksigen. Hidrogen dan oksigen dihasilkan dengan cara elektrolisa, dan pada pengujian ini menggunakan alat yang menghasilkan 0,52 ml/s hidrogen dan oksigen. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan hidrogen dan oksigen hasil elektrolisa ke dalam ruang pembakaran dengan cara membandingkan hasil emisi gas buang sebelum penembahan hidrogen dan oksigen dan setelah penambahan hidrogen dan oksigen. Data yang diperoleh dalam pengujian ini adalah CO, CO2, HC, O2, NOx,dan k. Dari data yang didapat, penambahan hidrogen dan oksigen dalam ruang pembakaran menyebabkan emisi CO turun, emisi HC meningkat, CO2 yang dihasilkan menurun, O2 yang dihasilkan naik, NOx menurun dan campuran bahan bakar setelah penambahan lebih miskin bahan bakar. Dari data yang didapat emisi CO terendah teijadi pada putaran 1450 rpm pada kondisi dengan penambahan hidrogen dan oksigen dengan nilai 2.97 % dengan persentase penurunan 9,42% dibandingkan tanpa penambahan hidrogen dan oksigen. Emisi HC tertinggi pada putaran 850 rpm pada kondisi dengan penambahan hidrogen dan oksigen yaitu dengan nilai 3385 ppm dengan pesentase kenaikan 20,5%, nilai CO2 terendah pada putaran 850 rpm pada kondisi dengan penambahan hidrogen dan oksigen yaitu sebesar 7.12 %, atau teijadi penurunan sebesar 12,5 %, sedangkan O2 yang dihasilkan tertinggi pada putaran 850 rpm pada kondisi dengan penambahan hidrogen dan oksigen dengan nilai 7.76 % atau teijadi kenaikan 28,9%. Nilai lambda tertinggi teijadi pada putaran 1050 rpm pada kondisi dengan penambahan hidrogen dan oksigen dengan nilai rata rata 1.19 atau terjadi kenaikan sebesar 6,25%.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
0907001372T157037T1570372009Central Library (References)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1570372009
Publisher
Inderalaya : Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya., 2009
Collation
xii, v-2 hlm. : ilus. ; tab. ; 28 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
629.227 507
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
other (computer)
Edition
-
Subject(s)
Kendaraan bermotor
Prodi Teknik Mesin
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
DS
Other version/related
TitleEditionLanguage
PENGARUH CAMPURAN BAHAN BAKAR PERTALITE-ETANOL TERHADAP EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR DENGAN CATALYTIC CONVERTERid
STUDI EKSPERIMENTAL KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR 110 CC MENGGUNAKAN CAMPURAN BAHAN BAKAR REMIUM - PERTAMAXid
File Attachment
  • KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENAMBAHAN HIDROGEN DAN OKSIGEN HASIL ELEKTROLISA KE DALAM RUANG PEMBAKARAN TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA MOTOR HONDA SUPRA V
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search