Skripsi
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 INDRALAYA UTARA
Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Indralaya Utara masih tergolong rendah, salah satunya karena peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran yang cenderung menggunakan metode konvensional. Kondisi ini menuntut adanya inovasi pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman dan keterlibatan peserta didik secara lebih optimal, salah satunya melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Indralaya Utara. Metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan metode penelitian Pre-Experimental Design bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 2 Indralaya Utara semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Sampel penelitian kelas XI.2 yang berjumlah 25 peserta didik dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar dan data observasi diperoleh dari hasil observasi pada saat perlakuan model Problem Based Learning selama proses pembelajaran. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan t_(hitung )= 6,137 ≥ t_tabel = 1,710 artinya H_(o )ditolak dan H_(a )diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Indralaya Utara. Keterbatasan penelitian terletak pada kurangnya waktu dalam mengerjakan soal kognitif C4 dan C5, sehingga disarankan peserta didik membiasakan diri berlatih soal serupa agar mampu menyesuaikan diri dengan keterbatasan waktu dan mencapai hasil belajar optimal. Kata-kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507005885 | T184377 | T1843772025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |