Skripsi
PENGEMBANGAN E-LKPD MENULIS TEKS DESKRIPSI SEDERHANA BERBASIS LIVEWORKSHEETS PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 INDRALAYA UTARA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang lebih interaktif dan kreatif dalam mengajarkan bahasa Indonesia, khususnya dalam menyampaikan teks deskripsi sederhana untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Indralaya Utara. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah produk berupa E-Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) yang berbasis platform digital Liveworksheets, dirancang untuk mendukung pembelajaran yang lebih menarik, mudah dijangkau, serta memberikan pengalaman belajar yang responsif dan menyenangkan bagi siswa. Di harapkan bahwa E-LKPD ini akan membantu siswa memahami konsep, struktur dan karakteristik kebahasaan dari teks deskripsi sederhana dengan cara yang lebih mendalam dan kontekstual melalui berbagai latihan yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE, yaitu sebuah pendekatan terstruktur yang terdiri dari lima langkah utama: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementas dan Evaluasi. Validasi dilakukan oleh para ahli di bidang materi, media dan kelayakan atau kegrafikaan produk untuk hasil yang didapatkan yaitu 96.15% pada bidang materi, 84,6% pada bidang bahasa dan 88,3% pada kegrafikaan. Proses validasi menunjukkan bahwa produk ini tergolong sangat layak, meskipun terdapat beberapa rekomendasi perbaikan yang diterapkan untuk menyempurnakan tampilan dan efektivitas penggunaannya. Uji coba terbatas dilaksanakan terhadap sekelompok kecil siswa kelas VII, dan hasilnya menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa mengenai struktur teks deskripsi serta penggunaan unsur kebahasaan yang sesuai.
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2507005876 | T184111 | T1841112025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |