Text
Persepsi petani dan pembeli terhadap konsep bauran pemasaran kegiatan pasar tani sriwijaya di kota palembang
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud kegiatan Pasar
Tani Sriwijaya, mengukur persepsi petani dan pembeli terhadap konsep bauran
pemasaran kegiatan Pasar Tani Sriwijaya, dan menganalisis kesamaan persepsi
petani dan pembeli terhadap konsep bauran pemasaran kegiatan Pasar Tani Sriwijaya
di Kota Palembang.
Penelitian dilaksanakan pada kegiatan Pasar Tani Sriwijaya di Kota
Palembang. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan
terdapat kegiatan Pasar Tani di Kota Palembang yang berasal dari program
Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP) oleh Dinas Tanaman Pangan dan
Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan. Pelaksanaan pengumpulan data di lapangan
dilaksanakan pada bulan Februari 2013 sampai dengan bulan April 2013. Metode
penarikan contoh petani yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus,
semua populasi petani anggota Pasar Tani Sriwijaya di Kota Palembang diambil
dengan jumlah populasi 25 orang. Metode penarikan contoh pembeli di Pasar Tani
Sriwijaya di Kota Palembang digunakan metode insidental yang secara kebetulan
bertemu dengan peneliti, diambil sebanyak 25 orang. Data yang dikumpulkan berupa
data primer dan data sekunder. Data primer akan diperoleh melalui wawancara
langsung dengan petani dan pembeli sampel yang dibantu dengan daftar pertanyaan
(kuisioner) yang telah disiapkan sebelumnya. Sedangkan data sekunder diperoleh
dari bahan acuan yang menunjang, literatur, hasil penelitian dan instansi yang terkait.
Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa Pasar Tani Sriwijaya di Kota
Palembang merupakan suatu kegiatan yang merupakan ide dari petani yang
kemudian direalisasikan oleh pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura yang
ditujukan bagi petani. Kegiatan Pasar Tani Sriwijaya berlokasi di dua tempat yaitu
halaman Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan dan
Simpang Balai Latihan Kerja (BLK).
Pengukuran persepsi didapatnya jumlah bobot persepsi untuk petani dan
pembeli sebesar 70,92 , artinya persepsi petani dan pembeli sangat setuju terhadap
bauran pemasaran atau marketing mix kegiatan Pasar Tani Sriwijaya di Kota
Palembang .
Berdasarkan hasil analisis Mann Whitney terhadap kesamaan persepsi petani
dan pembeli terhadap konsep bauran pemasaran atau marketing mix yaitu produk
(product), harga (price), lokasi (place), dan promosi (promotion) di Pasar Tani
Sriwijaya di Kota Palembang, maka diperoleh nilai Z untuk produk -0,139 >-1,96,
harga -0,534 > -1,96, lokasi -1,717 > -1,96, dan promosi -1,028 > -1,96, maka terima
H0 artinya persepsi petani dan pembeli sama terhadap konsep bauran pemasaran atau
marketing mix Pasar Tani Sriwijaya di Kota Palembang.
No copy data
No other version available