Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PROSES MASUK DAN BERKEMBANGNYA AGAMA HINDU – BUDDHA DI INDONESIA BERBASIS CASE METHOD MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI MAN 3 PALEMBANG
Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Proses Masuk dan Berkembangnya Agama Hindu–Buddha di Indonesia Berbasis Case Method Menggunakan Aplikasi Canva di MAN 3 Palembang”. Tujuannya adalah untuk memberikan motivasi dan inovasi dalam media pembelajaran sejarah, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D (define, design, develop, disseminate). Hasil validasi menunjukkan media yang dikembangkan memperoleh nilai kevalidan dari ahli media sebesar 4,67, ahli materi 4,77, dan ahli bahasa 5,0. Hasil belajar peserta didik menunjukkan ketuntasan sebesar 55,6% dengan N-gain 0,67 (kategori sedang). Temuan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis case method dengan Canva valid dan mampu meningkatkan motivasi, inovasi, serta pemahaman peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Canva, Case Method, Validitas, Hasil belajar.
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2507005668 | T183940 | T1839402025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |