Skripsi
ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL SI ANAK PELANGI KARYA TERE LIYE: PENDEKATAN PRAGMATIK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam Novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye melalui pendekatan pragmatik serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa dialog-dialog antar tokoh dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye. Penelitian ini menganalisis wujud nilai pendidikan karater menggunakan pendekatan pragmatik. Teknik pengumpulan data yang digunakana dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat, Hal ini bertujuan untuk memperoleh hasil analisis dan gambaran mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye. Analisis data yang digunakan ialah analisis model Miles dan Huberman (1992) dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Nilai pendidikan dalam novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye yakni memuat 18 nilai pendidikan karakter berdasarkan kemendikbud. berdasarkan analisis yang telah dilakukan ditemukan sebanyak 41 nilai pendidikan karakter. Nilai-nilai tersebut meliputi: 4 nilai religius, 8 nilai kejujuran, 4 nilai toleransi, 2 nilai disiplin, 3 nilai kerja keras, 1 nilai kreativitas, 1 nilai kemandirian, 2 nilai demokrasi, 1 nilai rasa ingin tahu, 1 nilai semangat kebangsaan, 2 nilai cinta tanah air, 1 nilai penghargaan atas prestasi, 1 nilai persahabatan, 2 nilai cinta damai, 1 nilai gemar membaca, 1 nilai kepedulian terhadap lingkungan, 2 nilai kepedulian sosial, dan 4 data nilai tanggung jawab. Penelitian Analisis Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Si Anak Pelangi Karya Tere Liye dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu Novel. Materi novel terdapat dalam buku pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Berbahasa dan Bersastra Indonesia SMA kelas XII, kurikulum Merdeka pada fase F, yaitu “Menganalisis Nilai- Nilai dalam Kutipan Novel”. Capaian Pembelajaran (CP) yang diterapkan adalah elemen membaca dan memirsa, melalui elemen tersebut peserta didik diminta menganalisis dialog dalam novel, serta Capaian Pembelajaran (CP) berbicara dan mempresentasikan, melalui elemen tersebut peserta didik dapat memaparkan hasil analisis dialog dalam novel di depan kelas dan ditanggapi oleh peserta didik leinnya. Implikasi penelitian ini berbentuk modul ajar menganlisis nilai-nilai dalam novel dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Novel Si Anak Pelangi, Pendekatan Pragmatik, Dan Implikasi Bahan Ajar.
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2507005384 | T182653 | T1826532025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |