Skripsi
PENGARUH TEMPERATUR DAN WAKTU PENAHANAN KARBURISASI, DAN PROSES TEMPERING TERHADAP KEKERASAN, STRUKTUR MIKRO DAN KETANGGUHAN BAJA KARBON RENDAH
Pada umumnya poros dan roda gigi terbuat dari baja dengan kadar karbon 0,4 % dan memiliki sifat yang cukup keras sehingga sulit dibuat oleh bengkelbengkel produksi. Sebagai alternatif para teknisi bengkel menggunakan baja karbon rendah karena memiliki sifat yang lunak, ulet dan dapat dikeraskan. Namun umur pemakaiannya relatif singkat karena material cepat aus. Maka dilakukan penelitian tentang karburisasi pada baja karbon rendah dengan tujuan untuk meningkatkan kekerasan permukaan agar lebih tahan aus dan dapat dipakai pada konstruksi mesin seperti poros dan roda gigi. Penelitian ini dilakukan dengan cara spesimen dan media karbon briket batubara yang telah ditambah dengan katalisator barium karbonat sebanyak 5 % dimasukkan kedalam kotak baja kemudian dilakukan pemanasan dengan tungku pemanas pada temperatur 890°C, 920°C, 950°C dengan waktu penahanan 30 menit, 60 menit dan 90 menit. Ketika temperatur dan waktu penahanan pemanasan tercapai, baja dicelupkan atau diquenching dalam oli, lalu dilanjutkan proses tempering pada temperatur 350°C selama 30 menit. Pengujian yang dilakukan antara lain pengujian kekerasan, pengujian impak dan pengujian metallografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan peningkatan waktu penahanan dan temperatur, secara umum harga kekerasan permukaan baja karbon rendah semakin meningkat dari (46,0-50,0) HRA untuk spesimen yang tidak dikarburisasi menjadi (83,0-84,0) HRA untuk spesimen yang dikarburisasi pada temperatur 950°C dengan waktu penahanan 90 menit. Demikian pula untuk kedalaman difusi dari 0 cm menjadi 0,045 cm. Untuk nilai energi impak yang tertinggi pada baja karbon rendah yang dikarburisasi pada temperatur 890°C dengan waktu penahanan 30 menit kemudian diquenching dan ditemper yaitu 99,561 joule sedangkan yang terendah pada baja karbon rendah yang tidak dikarburisasi yaitu 51,007 joule. Hasil proses karburisasi dengan temperatur dan waktu penahanan yang berbeda, kemudian dilanjutkan dengan proses quenching dan tempering menunjukkan perubahan sifat mekanik baja, khususnya pada bagian permukaan yang berubah menjadi keras akibat adanya penambahan karbon.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0707000441 | T143683 | T1436832007 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |