Skripsi
PENYELESAIAN SLIDING PUZZLE BERBASIS GAMBAR OTOMATIS DENGAN ALGORITMA A*
Sliding Puzzle merupakan salah satu jenis puzzle yang sering ditemukan di kehidupan sehari-hari dan termasuk dalam media gambar atau visual yang dapat meningkatkan daya ingat anak sejak dini. Untuk mendukung perkembangan teknologi ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem penyelesaian Image Sliding Puzzle secara otomatis. Penelitian akan dilakukan menggunakan 360 data yang diperoleh berdasarkan konfigurasi puzzle dengan variasi ukuran scramble 15,30,45 dan 60. Algoritma A* diimplementasikan sebagai metode pencarian rute optimal dengan mengukur dua parameter utama yaitu total moves dan waktu eksekusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi tile kosong memiliki pengaruh signifikan terhadap efisiensi penyelesaian Image Sliding Puzzle. Grup tile dengan posisi “Center” (tile bernomor 5) sebagai tile kosong atau ruang gerak memberikan performa terbaik dengan rata-rata jumla gerak dan waktu yang sedikit dibandingkan grup tile lainnya yaitu “Plus Sign” (tile 2,4,6 dan 8) dan “Corner” (tile 1,3,7 dan 9). Sebaliknya, grup tile "Corner" menunjukkan performa paling lambat dalam menyelesaikan puzzle. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi tile kosong pada sliding puzzle berpengaruh secara signifikan pada efisiensi algoritma A* dalam mencari solusi optimal.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507005299 | T182153 | T1821532025 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |