The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENYELESAIAN SLIDING PUZZLE BERBASIS GAMBAR OTOMATIS DENGAN ALGORITMA A*

Skripsi

PENYELESAIAN SLIDING PUZZLE BERBASIS GAMBAR OTOMATIS DENGAN ALGORITMA A*

Cristianto, Rico - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Sliding Puzzle merupakan salah satu jenis puzzle yang sering ditemukan di kehidupan sehari-hari dan termasuk dalam media gambar atau visual yang dapat meningkatkan daya ingat anak sejak dini. Untuk mendukung perkembangan teknologi ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem penyelesaian Image Sliding Puzzle secara otomatis. Penelitian akan dilakukan menggunakan 360 data yang diperoleh berdasarkan konfigurasi puzzle dengan variasi ukuran scramble 15,30,45 dan 60. Algoritma A* diimplementasikan sebagai metode pencarian rute optimal dengan mengukur dua parameter utama yaitu total moves dan waktu eksekusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi tile kosong memiliki pengaruh signifikan terhadap efisiensi penyelesaian Image Sliding Puzzle. Grup tile dengan posisi “Center” (tile bernomor 5) sebagai tile kosong atau ruang gerak memberikan performa terbaik dengan rata-rata jumla gerak dan waktu yang sedikit dibandingkan grup tile lainnya yaitu “Plus Sign” (tile 2,4,6 dan 8) dan “Corner” (tile 1,3,7 dan 9). Sebaliknya, grup tile "Corner" menunjukkan performa paling lambat dalam menyelesaikan puzzle. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi tile kosong pada sliding puzzle berpengaruh secara signifikan pada efisiensi algoritma A* dalam mencari solusi optimal.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2507005299T182153T1821532025Central Library (References)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1821532025
Publisher
Indralaya : Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya., 2025
Collation
xvii, 117 hlm.; ilus.; tab.; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
004.07
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Prodi Teknik Informatika
Puzzle Solver
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
KA
Other version/related
TitleEditionLanguage
PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN PUZZLE GEOMETRI UNTUK ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAKid
PENGARUH PENERAPAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA PGRI GELUMBANGid
File Attachment
  • PENYELESAIAN SLIDING PUZZLE BERBASIS GAMBAR OTOMATIS DENGAN ALGORITMA A*
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search