Skripsi
UJI TARIK DAN UJI IMPACT UNTUK MELIHAT PERBANDINGAN TEGANGAN DAN REGANGAN PADA PEGAS DAUN SEBELUM PAN SESUDAH DILAKUKAN PRESSING
Modifikasi pada pegas daun berupa penekanan (pressing) yang mengakibatkan permukaannya menjadi rata dapat mengurangi fungsi pegas daun tersebut, baik sebagai komponen sistem suspensi maupun sebagai penopang kendaraan. Akibatnya pegas daun akan mengalami fase plastisitas, sehingga akan dapat mengurangi kenyamanan dan keamanan pengendara. Penelitian ini dikonsentrasikan untuk mengevaluasi perubahan kekuatan tarik dan energi impact pegas daun kendaraan niaga akibat modifikasi penekanan dengan melakukan kajian eksperimental dan simulasi menggunakan solidworks dan kemudian membandingkan kekuatan dan energi impact yang didapat pegas daun sebelum dan sesudah modifikasi. Poin penting dalam penelitian ini adalah bagaimana mengevaluasi kekuatan dan energi impact serta menganalisis teganganregangan yang terjadi pada pegas daun tersebut. Beberapa batasan diberikan dalam melakukan penelitian ini, yaitu : pegas daun diuji kekuatan dan energi impact-nya sebelum modifikasi, memodifikasi pegas daun dengan jalan memberikan penekanan sehingga bentuk pegas daun tersebut berubah. Selanjutnya dengan parameter-parameter yang didapat dari pengujian dilakukan analisis tegangan-regangan dengan simulasi program solidworks, dari kajian eksperimental diketahui bahwa akibat modifikasi penekanan pada pegas daun teijadi penurunan kekuatan tarik sebesar 5,458%, sedangkan energi impact-nya meningkat sebesar 20,182% yang berakibat pada meningkatnya tegangan. Peningkatan tegangan ini akan berakibat pada menurunnya kekuatan pegas daun.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0707000571 | T143679 | T1436792007 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |