Skripsi
KAJI EKSPERIMENTAL KEKUATAN TARIK DAN METALOGRAFI AKIBAT PERLAKUAN PANAS PADA RODA GIGI IMITASI KENDARAAN BERMOTOR
Seperti yang diketahui, saat ini banyak beredar komponen (suku cadang) imitasi di pasaran, konsumen kesulitan membedakan komponen yang benar-benar asli dan komponen yang imitasi (palsu). Bahkan, kendati mengetahui produk bersangkutan bukan produk asli (genuine parts), banyak juga konsumen yang memilih produk imitasi sebagai bagian dari komponen yang dipasang pada kendaraannya, baik mobil maupun motor. Untuk meningkatkan kekuatan tarik onderdil imitasi tersebut, beberapa bengkel memberikan perlakuan panas dengan jalan memanaskan roda gigi tersebut pada temperatur tertentu, kemudian secara tiba-tiba memasukkannya ke dalam media pendingin. Proses perlakuan panas dan pengerasan permukaan diterapkan guna mendapatkan peningkatan nilai kekuatan tarik roda gigi imitasi, kemudian dilakukan pengujian tarik terhadap konsentrasi tegangan roda gigi imitasi tersebut. Analisa tegangan yang terjadi dilakukan dengan menggunakan bantuan program CosmosWorks2005 terhadap kekuatan tarik yang ada pada roda gigi. Dari pengujian dan analisa yang dilakukan, didapat adanya peningkatan nilai kekuatan tarik, kekuatan luluh dan kekuatan patah pada roda gigi imitasi baik yang sudah mengalami perlakuan panas dan pengerasan permukaan. Setelah perlakuan, panas terjadi peningkatan kekuatan tarik dari 494,88 N/mm2 menjadi^764,86 N/mm2 , kekuatan luluh naik dari 329,92 N/mm2 menjadi 509,90 N/mm2 dan kekuatan patah naik dari 282,84 N/mm2 menjadi 364,03 N/mm2. Setelah pengerasan permukaan kekuatan tarik turun menjadi 619,07 N/mm2 , kekuatan luluh turun menjadi 412,71 N/m2 dan kekuatan patah turun menjadi 359,85 N/m2.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0707000572 | T144302 | T1443022007 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |