Skripsi
UPAYA PENINGKATAN KOORDINASI MATA DAN TANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN SENSORIMOTOR DI PAUD ANAK BANGSA PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi mata dan tangan anak usia 4- 5 tahun melalui permainan sensorimotor di PAUD Anak Bangsa Palembang. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan koordinasi mata dan tangan anak dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I menggunakan permainan meronce, sedangkan siklus II menggunakan permainan puzzle. Subjek penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan koordinasi mata dan tangan anak dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, sebagian besar anak mulai menunjukkan kemampuan dalam mengoordinasikan mata dan tangan saat bermain meronce walau hanya berada tahap mulai berkembang. Selanjutnya, pada siklus II, melalui permainan puzzle, peningkatan kemampuan koordinasi tersebut semakin terlihat secara signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa permainan sensorimotor, khususnya meronce dan puzzle, efektif dalam meningkatkan koordinasi mata dan tangan anak usia dini. Kata Kunci: Koordinasi Mata dan Tangan, Permainan Sensorimotor, Anak Usia Dini, Meronce, Puzzle
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507004740 | T180941 | T1809412025 | Central Library (REFERENS) | Available but not for loan - Not for Loan |