Skripsi
ANALISA BATANG TORSI PADA ANTI ROLL BAR KENDARAAN ATV (ALL TERRAIN VEHICLES) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA
Pada prosesnya kendaraan roda empat juga memerlukan Anti-rool bar untuk mengurangi body roli atau terbaliknya kendaraan dengan mengurangi kemiringan yang terjadi pada permukaan kendaraan pada saat melaju dengan kecepatan tertentu pada jalur yang memiliki sudut tertentu. Anti-roll bar ini terdiri dari torsi, lengan torsi, push rod, selongsong dan penjepit yang mempunyai peran masing-masing untuk mengurangi body roli. Pada penelitian ini penulis memperhatikan adanya puntiran atau perlawanan gaya pada torsi saat gaya diberikan melalui push rod. Oleh karena itu analisa Metode Elemen Hingga dengan bantuan prangkat lunak SolidWorks dan Visual Nastran dapat digunakan sebagai analisa untuk mendapatakan tegangan von Mises dan faktor keamanan pada alat tersebut. Hasil analisa Metode Elemen Hingga pada torsi Anti-Roll bar ini, faktor keamanan minimum pada batang torsi adalah sebesar 2,75 dengan harga kesalahan tegangan von Mises 1,91 %. Ini menunjukkan bahwa batang torsi akan mengalami yield bila diberikan torsi aksi sebesar 2,75 kali dari torsi awal. Ini juga menunjukkan bahwa gaya aksi yang diberikan melalui push rod harus lebih kecil dari 2,75 x 200 N (sebesar 550 N atau 56,065 kg).
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0707000793 | T144147 | T1441472007 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available