Skripsi
DRAMATURGI PENGIKUT SLASH PAIRING CHANBAEK DI TWITTER (X)
Penelitian ini mengkaji mengenai Dramaturgi Pengikut Slash Pairing ChanBaek di Twitter (X). Slash pairing adalah aktivitas yang dilakukan oleh penggemar dengan memasangkan dua idola berjenis kelamin sama dalam hubungan romantis, baik secara imajinatif maupun melalui produksi konten seperti fan art dan fan fiction. Namun, pengikut slash pairing sering dianggap aneh dan menyimpang oleh lingkungan sosialnya karena tidak sesuai dengan aturan sosial yang berlaku di masyarakat. Akibatnya pengikut slash pairing ChanBaek tidak dapat mengekspresikan minatnya secara terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memahami latar belakang penggunaan akun anonim dan praktik dramaturgi pengikut slash pairing ChanBaek dalam mengekspresikan ketertarikan terhadap slash pairing di Twitter (X). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian fenomenologi. Penelitian ini menggunakan teori dramaturgi oleh Erving Goffman. Data pada penelitian ini diperoleh dari delapan pengikut slash pairing ChanBaek dan lima orang terdekat pengikut slash pairing ChanBaek melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengikut slash pairing ChanBaek memanfaatkan media sosial, khususnya akun dengan identitas anonim untuk mengekspresikan ketertarikannya di lingkungan yang menstigmatisasi hubungan sesama jenis. Penggunaan akun anonim tidak hanya sebagai pelindung identitas, tetapi berfungsi sebagai panggung depan dimana pengikut menampilkan identitas dengan menyesuaikan ekspektasi komunitas. Sementara, grup WhatsApp menjadi panggung belakang yang memungkinkan ekspresi yang lebih bebas, jujur, dan personal. Strategi ini muncul sebagai respons terhadap tekanan sosial, nilai agama, dan kekhawatiran akan penolakan dari lingkungan sekitar. Kata Kunci: Dramaturgi, Slash Pairing, ChanBaek, Akun Anonim
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507004876 | T181093 | T1810932025 | Central Library (REFRENCE) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available