Skripsi
COFFEE SHOP SEBAGAI THIRD PLACE PADA KALANGAN GEN Z DI KOTA JAMBI
Penelitian ini berfokus pada Coffee Shop sebagai Third Place pada Kalangan Gen Z di Kota Jambi. Adanya Coffee Shop di Kota Jambi yang menjadi tempat ketiga Gen Z untuk kebutuhan sosial mereka. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan memahami Coffee Shop sebagai Third Place pada Kalangan Gen Z di Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan merupakan kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian fenomenologi. Penelitian ini menggunakan konsep Third Place oleh Rey Oldenberg. Data diperoleh dari 7 informan utama, 1 informan kunci dan 2 informan pendukung melalui wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Coffee Shop menjadi Third Place pada Kalangan Gen Z berupa (1) fungsi Coffee Shop sebagai Third Place pada Kalangan Gen Z di Kota Jambi yaitu Coffee Shop sebagai tempat nongkrong, tempat pelepas stres, tempat pelarian masalah dan sebagai wadah untuk membuat event, (2) alasan Gen Z menjadikan Coffee Shop sebagai Third Place untuk kebutuhan sosial yaitu mengikuti perubahan zaman, pengaruh pasca pandemi COVID-19 dan untuk menampilkan fashion yang di pakai. Kata Kunci: Coffee Shop, Third Place, Gen Z.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507004706 | T178989 | T1789892025 | Central Library (REFERENS) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available