Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI FIGMA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 NAMANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Figma dalam pembelajaran menulis teks argumentasi bagi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Namang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan modifikasi yang menggabungkan model Borg & Gall dengan Alessi & Trollip. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Namang. Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Figma didasarkan pada hasil analisis kebutuhan yang dilakukan melalui penyebaran angket dan wawancara terhadap guru dan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Figma sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran menulis teks argumentasi. Tahapan selanjutnya yaitu perancangan dan pengembangan produk awal yang mencakup pembuatan flowchart, storyboard, dan pengembangan produk. Produk yang telah dikembangkan kemudian divalidasi melalui uji coba lapangan awal oleh para ahli yang mencakup aspek materi, media, dan bahasa. Hasil validasi menunjukkan bahwa pada aspek materi, produk memperoleh skor 43 (97,73%) dengan kategori sangat layak; pada aspek media, produk memperoleh skor 57 (89,06%) dengan kategori sangat layak; dan pada aspek kebahasaan, produk memperoleh skor 37 (92,5%) dengan kategori sangat layak. Secara keseluruhan, hasil validasi ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Figma sangat layak digunakan dalam pembelajaran menulis teks argumentasi bagi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Namang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507005484 | T183228 | T1832282025 | Central Library (Referensi) | Available but not for loan - Not for Loan |