Skripsi
PERAN GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE CERITA UNTUK KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA OGAN ILIR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menggunakan metode cerita untuk kemampuan berbicara anak usia 5–6 tahun di TK Negeri Pembina Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data miles and huberman berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari satu guru kelompok B1 dan lima informan pendukung, yaitu kepala sekolah, dua guru kelompok B1, dan dua guru kelompok B2. Teknik triangulasi sumber digunakan untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peranan penting dalam kemampuan berbicara anak, yaitu sebagai pengajar, pembimbing, fasilitator, dan motivator. Guru tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, membimbing anak secara aktif, menyediakan media pendukung, serta memberi dorongan dan motivasi kepada anak. Dengan penerapan metode cerita yang tepat dan kreatif, kemampuan berbicara anak meningkat secara signifikan. Penelitian ini menegaskan bahwa peran aktif guru sangat berpengaruh terhadap perkembangan berbicara anak usia dini. Kata Kunci : Peran Guru, Metode Cerita,Kemampuan Berbicara
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507004859 | T181092 | T1810922025 | Central Library (REFRENCE) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available