Skripsi
ANALISIS PERILAKU MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (STUDI ETNOGRAFI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT DI TAMAN KANAK-KANAK ARAFAH KABUPATEN MUARA ENIM)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana nilai-nilai kearifan lokal di implementasikan dan memengaruhi perilaku moral anak. Metode yang digunakan adalah etnografi, melibatkan observasi intensif terhadap 36 anak selama 12 hari dan wawancara mendalam dengan kepala sekolah serta empat guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kearifan lokal melalui cerita rakyat, permainan peran, kegiatan membatik, dan pembiasaan sehari-hari terbukti efektif. Sebagian besar anak menunjukkan peningkatan perilaku moral, seperti menaati aturan (28 anak), empati (25 anak), kejujuran (34 anak), tanggung jawab (24 anak), sopan (30 anak), dan toleran (29 anak). Selain itu, teridentifikasi (8 anak) masih kadang tidak menaati aturan dan (11 anak) kurang memiliki empati, menunjukkan area yang memerlukan penguatan. Strategi guru yang meliputi bercerita, pembiasaan, penegasan, dan keteladanan, berhasil menciptakan lingkungan kondusif. Kesimpulannya, pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di TK Arafah berkontribusi signifikan dalam membentuk individu berkarakter dan berbudaya. Kata Kunci: Perilaku Moral, Anak Usia Dini, Kearifan Lokal, Etnografi
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507004858 | T181018 | T1810182025 | Central Library (REFRENCE) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available