Skripsi
HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN SELF COMPASSION PADA SISWA MAN 2 PALEMBANG
Regulasi emosi, yaitu kemampuan individu dalam mengendalikan, menilai, dan menyesuaikan respons emosional sesuai situasi, berkaitan erat dengan self- compassion, yakni sikap memperlakukan diri dengan kebaikan, memahami ketidaksempurnaan, dan bersikap empatik terhadap pengalaman sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat regulasi emosi dan self compassion serta bagaimana hubungan antara keduanya pada siswa MAN 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional dengan populasi berjumlah 302 responden dan sampel berjumlah 75 responden yang ditentukan menggunakan teknik Simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala regulasi emosi dan self compassion dengan tingkat reliabilitasnya sebesar 0,758 dan 0,840. Analisis data menggunakan teknik korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat regulasi emosi pada siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 40% (29 siswa) dan tingkat self compassion pada siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 41% (30 siswa). Kemudian, koefiesien korelasi (rxy) sebesar 0,771 dan nilai rtabel dengan taraf signifikasi 5% (df=75-1) sebesar 0,227 maka didapatkan hasil 0,771 > 0,227 yang artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara regulasi emosi dengan self compassion pada siswa MAN 2 Palembang. Dimana semakin tinggi regulasi emosi maka semakin tinggi self compassion yang mereka alami. Dan begitu juga sebaliknya, semakin rendah regulasi emosi maka semakin rendah self compassion. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa regulasi emosi berperan penting dalam membentuk sikap welas asih terhadap diri sendiri. Oleh karena itu, penting bagi sekolah untuk mendukung pengembangan keterampilan emosional siswa sebagai bagian dari pendidikan karakter dan kesejahteraan psikologis.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507004674 | T180618 | T1806182025 | Central Library (REFERENS) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available