The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN SELF COMPASSION PADA SISWA MAN 2 PALEMBANG

Skripsi

HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN SELF COMPASSION PADA SISWA MAN 2 PALEMBANG

Anhaf, Muhammad Adib - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Regulasi emosi, yaitu kemampuan individu dalam mengendalikan, menilai, dan menyesuaikan respons emosional sesuai situasi, berkaitan erat dengan self- compassion, yakni sikap memperlakukan diri dengan kebaikan, memahami ketidaksempurnaan, dan bersikap empatik terhadap pengalaman sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat regulasi emosi dan self compassion serta bagaimana hubungan antara keduanya pada siswa MAN 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional dengan populasi berjumlah 302 responden dan sampel berjumlah 75 responden yang ditentukan menggunakan teknik Simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala regulasi emosi dan self compassion dengan tingkat reliabilitasnya sebesar 0,758 dan 0,840. Analisis data menggunakan teknik korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat regulasi emosi pada siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 40% (29 siswa) dan tingkat self compassion pada siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 41% (30 siswa). Kemudian, koefiesien korelasi (rxy) sebesar 0,771 dan nilai rtabel dengan taraf signifikasi 5% (df=75-1) sebesar 0,227 maka didapatkan hasil 0,771 > 0,227 yang artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara regulasi emosi dengan self compassion pada siswa MAN 2 Palembang. Dimana semakin tinggi regulasi emosi maka semakin tinggi self compassion yang mereka alami. Dan begitu juga sebaliknya, semakin rendah regulasi emosi maka semakin rendah self compassion. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa regulasi emosi berperan penting dalam membentuk sikap welas asih terhadap diri sendiri. Oleh karena itu, penting bagi sekolah untuk mendukung pengembangan keterampilan emosional siswa sebagai bagian dari pendidikan karakter dan kesejahteraan psikologis.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2507004674T180618T1806182025Central Library (REFERENS)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1806182025
Publisher
Indralaya : Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya Prodi Bim., 2025
Collation
xvi, 125 hlm.; ilus.; tab.; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.407
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Bimbingan Konseling
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
MURZ
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN SELF COMPASSION PADA SISWA MAN 2 PALEMBANG
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search