The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PALEMBANG

Skripsi

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PALEMBANG

Parhusip, Friska Damaiyanti - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak dari penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here terhadap tingkat motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Palembang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS yang berjumlah 118 orang, dengan teknik pemilihan sampel berupa cluster random sampling yang menghasilkan satu kelas eksperimen sebanyak 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi. Angket digunakan untuk mengukur tingkat motivasi belajar sebelum dan sesudah perlakuan, sedangkan observasi digunakan untuk mengamati pelaksanaan pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi Everyone is a Teacher Here memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar, yang dibuktikan dengan hasil uji-t sebesar thitung = 46,86 lebih besar dari ttabel = 1,699 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, hipotesis diterima bahwa strategi pembelajaran aktif Everyone is a Teacher Here berkontribusi positif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Diharapkan strategi ini dapat diadopsi oleh pendidik dalam menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, partisipatif, dan bermakna.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2507005253T181706T1817062025Central Library (References)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1817062025
Publisher
Indralaya : Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2025
Collation
xiii, 104 hlm.; ilus.; tab.; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
658.020 7
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pendidikan ekonomi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
KA
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PALEMBANG
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search