Skripsi
PRINSIP KEHATI – HATIAN PENGISIAN DATA OLEH PENUMPANG DALAM PEMBELIAN TIKET PESAWAT DI TRAVELOKA TERKAIT PENAWARAN ASURANSI MELALUI APLIKASI TRAVELOKA
Aplikasi Traveloka menyediakan asuransi tambahan untuk melindungi penumpang dalam perjalanan. Namun dalam pembeliannya integrasi penawaran asuransi yang sering kali otomatis tercentang (pre-ticked boxes) tanpa penjelasan memadai mengenai syarat klaim atau implikasi penggunaannya. Praktik pre-ticked boxes dapat dianggap sebagai pelanggaran prinsip kehati-hatian dan melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Pasal 7 terkait dengan kejelasan informasi suatu produk yang ditawarkan, karena konsumen tidak diberi ruang untuk memahami risiko asuransi secara utuh. Metode penelitian yang digunakan adalah normatif yaitu tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis perjanjian jual beli tiket yang menawarkan asuransi kepada penumpang dan perlindungan terhadap penumpang yang membeli tiket pesawat namun tidak membeli asuransi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik tercentang otomatis asuransi tanpa persetujuan eksplisit berpotensi melanggar prinsip transparansi dan kehati-hatian dalam pemasaran jasa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan sistem opt-in yang mensyaratkan persetujuan aktif dari pengguna, serta perbaikan mekanisme informasi agar konsumen memahami hak dan kewajibannya secara utuh. Perlindungan terhadap penumpang harus ditempatkan dalam kerangka tanggung jawab pelaku usaha dan pengangkut berdasarkan prinsip keadilan serta tanggung jawab hukum.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507004209 | T178885 | T1788852025 | Central Library (REFERENCE) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available