Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPHERE(SRIWIJAYA PRESERVATION HISTORICAL E-REALITIES EDUCATION) PADA MATERI PRASASTI PENINGGALAN KEDATUAN SRIWIJAYA
Penelitian ini berjudul "Pengembangan Media Pembelajaran SPHERE (Sriwijaya Preservation Historical E-Realities Education) Pada Materi Prasasti Peninggalan Kedatuan Sriwijaya". Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran interaktif yang mampu menarik minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran Sejarah dan melihat potensi besar dalam media pembelajaran berbasis metaverse. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bagi peserta didik yang valid, menarik dan efektif sehingga berpengaruh pada minat belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X.B dan X.C SMA Bina Jaya Palembang, dan merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model Alessi & Trollip. Kevalidan media pembelajaran SPHERE didasarkan pada hasil validasi ahli yang dilakukan melalui beberapa validator yaitu ahli media dan ahli materi. Adapun hasil validasi media didapatkan hasil sebesar 4,5, ahli materi sebesar 4,6 dengan kategori sangat valid. Selain itu respon kemenarikan dari Media Pembelajaran SPHERE dapat diketahui dari hasil angket respon yang diisi oleh guru dan peserta didik dan didapatkan data bahwa Media Pembelajaran SPHERE mendapatkan skor responden sebesar 87,2% dan masuk kategori sangat menarik membuktikan bahwa Media Pembelajaran SPHERE bersifat sangat menarik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran SPHERE (Sriwijaya Preservation Historical E-Realities Education) Pada Materi Prasasti Peninggalan Kedatuan Sriwijaya ini valid, menarik dan efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah di kelas X.B dan X.C SMA Bina Jaya Palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507004128 | T178734 | T1787342025 | Central Library (REFERENCE) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available