Skripsi
PENGARUH EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 PALEMBANG
Efikasi diri merupakan faktor internal yang berperan penting dalam menentukan hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri (self efficacy) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket efikasi diri yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, wawancara efikasi diri, dan dokumentasi nilai hasil belajar ekonomi siswa. Sampel berjumlah 72 siswa yang dipilih melalui teknik sampling non probability yaitu menggunakan teknik sampling total. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa data efikasi diri masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 77,62% hasil belajar ekonomi siswa rerata sebesar 87,73 yang terkategori baik. Analisis data dilakukan dengan uji analisis regresi sederhana untuk mengukur pengaruh antara efikasi diri dengan hasil belajar ekonomi siswa yang di peroleh Y = 84,362 + 0,02285X. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar ekonomi, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,9969. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi efikasi diri siswa, semakin tinggi pula hasil belajar yang diperoleh. Implikasi dari penelitian ini menegaskan perlunya penguatan efikasi diri siswa dalam kegiatan pembelajaran, melalui strategi yang mendorong kepercayaan diri dan kemandirian belajar, guna meningkatkan prestasi akademik khususnya dalam bidang ekonomi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507004117 | T178315 | T1783152025 | Central Library (REFERENCE) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available