Skripsi
PENGARUH FANATISME PENGGEMAR BOYBAND KOREA NCT (NEO CULTURE TECHNOLOGY) TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (STUDI PADA KOMUNITAS NCTZEN PALEMBANG)
Fanatisme merupakan salah satu fenomena yang umum dijumpai dalam kalangan penggemar K-Pop, termasuk penggemar boyband NCT. Di sisi lain, penggemar NCT juga menunjukkan kecenderungan perilaku konsumtif yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fanatisme terhadap perilaku konsumtif pada komunitas NCTzen di Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner daring kepada 90 anggota komunitas NCTzen Palembang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fanatisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,834 dan nilai signifikansi 0,001 (< 0,05). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,575 menunjukkan bahwa fanatisme memberikan kontribusi sebesar 57,5% terhadap perilaku konsumtif, sedangkan 42,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti. Kata Kunci: Fanatisme, Perilaku Konsumtif, Boyband NCT, K-Pop.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507004017 | T178373 | T1783732025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available