Skripsi
PENINGKATAN LAYANAN PEMINJAMAN KENDARAAN MELALUI DESIGN THINKING DALAM PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI UNTUK PT PLN INDONESIA POWER UPDK KERAMASAN
Perkembangan teknologi informasi mendorong inovasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses bisnis, termasuk layanan peminjaman kendaraan. PT PLN Indonesia Power UPDK Keramasan Palembang, sebagai instansi yang bergerak di bidang kelistrikan, masih mebgelola sistem peminjaman kendaraan secara manual yang berisiko terhadap kesalahan pencatatan serta kurang efisien dalam penyampaian informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode design thinking dalam merancang antarmuka aplikasi layanan peminjaman kendaraan yang efektif dan sesuai kebutuhan untuk meningkatkan proses layanan peminjaman kendaraan. Penerapan metode design thinking dalam penelitian melibatkan lima tahapan utama: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Masalah pengguna dipetakan melalui user persona dan empathy map dalam tahap empathize berdasarkan observasi dan wawancara, dianalisis menggunakan affinity diagram di tahap define, disusun user flow sebagai rute yang harus dijalankan pengguna pada tahapan iedate, kemudian diimplementasikan dalam high-fidelity design dan diuji melalui prototipe menggunakan metode system usability scale (SUS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor SUS rata-rata sebesar 75, yang masuk dalam kategori acceptable, dengan grade scale B dan adjective rating "excellent". Desain antarmuka aplikasi peminjaman kendaraan menjadi solusi efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan pengguna berdasarkan pengukuran pengalaman pengguna dari rancangan antarmuka aplikasi melalui metode SUS.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407006949 | T162635 | T1626352024 | Central Library (REFERENS) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available