Text
PERANCANGAN SEKOLAH LUAR BIASA BAGI ANAK PENYANDANG DISABILITAS SENSORIK DI KOTA SUNGAILIAT
Penyadang disabilitas sensorik di Indonesia cukup tinggi mencapai 3.07 % dari 5 % semua penyadang disabilitas, sebagian besar dari mereka merupakan anak-anak yang belum mendapatkan akses pendidikan yang layak sesuai dengan kebutuhan mereka. Khususnya di Kepulauan Bangka Belitung, angka disabilitas sensorik yang cukup tinggi dan masih banyak ABK disabilitas sensorik yang kurang mendapatkan akses pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Perancangan Sensory School bertujuan untuk menciptakan sekolah luar biasa bagi anak penyandang disabilitas sensorik yang sesuai dengan perilaku maupun karakter setiap disabilitas sensorik demi menunjang kegiatan belajar – mengajar, melatih keterampilan dan kemandirian. Fakta dilapangan menunjukan standar pelayanan penyandang disabilitas sensorik di Kepulauan Bangka Belitung dianggap masih kurang memadai dikarenakan hampir semua dari Sekolah Luar Biasa (SLB) khususnya yang berlokasi di Sungailiat masih menggabungkan kelas antar type disabilitas sehingga saat kegiatan belajar mengajar, siswa kurang memahami pelajaran. Maka dari itu, konsep utama yang akan diusung dalam perancangan ini adalah konsep arsitektur perilaku yang berfokus pada karakter disabilitas sensorik, dengan memaksimalkan penggunaan material, bentuk ruang, sirkulasi yang baik, bentuk bangunan yang menghilangkan sudut tajam, serta pemilihan vegetasi yang bertujuan untuk memaksimalkan mereka dalam penggunaan panca indera, diharapkan Sensory School dapat menjadi wadah ABK disabilitas sensorik dalam mengasah kemandirian, keterampilan untuk masa depan mereka.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507002807 | T172850 | T1728502025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available